GROBOGAN.NEWS Blora

ASN Blora Diminta Dukung Gerakan ASN Beli Telur Ayam Layer

Foto : Dok.

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Blora diminta berpartisipasi dalam Gerakan ASN membeli telur ayam layer.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakikan) Kabupaten Blora drh. H. Gundala Wejasena membenarkan adanya kebijakan Pemerintah Daerah dalam membantu peternak dengan mengeluarkan Surat Edaran tentang Gerakan ASN membeli telur ayam layer di Wilayah Kabupaten Blora dengan harga Rp19.000,00 per kg.

“Imbauan ini dibuat untuk menolong peternak ayam layer yang saat ini mengalami kerugian akibat anjloknya harga telur dan naiknya harga pakan terutama harga jagung,” jelasnya di Blora, Rabu (27/10/2021).

Ia menjelaskan, hal ini memperhatikan perkembangan harga telur di tingkat peternak ayam layer yang rendah sehingga perlu dilakukan upaya untuk membantu menyerap hasil peternak ayam layer.
Dengan demikian, tingkat harga dapat membaik dan peternak ayam layer bisa memperoleh hasil yang layak.

“Hasil penjualan telur ayam di wilayah Kabupaten Blora di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP) sehingga peternak mengalami kerugian,” terang dia.

“Beberapa OPD membeli telur ayam yang dipesan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan lalu dikoordinasikan dengan Ketua dan Sekretaris Asosiasi Peternak Ayam Petelur Kabupaten Blora,” sambung dia.

Adapun OPD yang telah memesan telur ayam, yaitu Dinas Peternakan dan Perikanan sebanyak 50 kg, RSUD Cepu sebanyak 34 kg, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja sebanyak 7 kg.

Kemudian, Badan Kepegawaian Daerah sebanyak 35 kg, Kantor Kecamatan Sambong sebanyak 15 kg, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebanyak 12 kg dan Dinas Lingkungan Hidup sebanyak 22 kg.

Pihaknya berharap, langkah itu juga diikuti oleh yang lainnya termasuk Pegawai BUMD dan Pegawai Instansi Vertikal.