Agar Hasil Olahan Produksi Baik dan Dapat Izin Edar. Para Pelaku UMKM Grobogan Ikuti Bintek BBPOM

Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Technopark Pangan Kabupaten Grobogan mendapat Bimbingan Teknis (Bintek) dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang pada Rabu (6/10/2021). Foto : Istimewa
  • Bagikan

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Technopark Pangan Kabupaten Grobogan mendapat Bimbingan Teknis (Bintek) dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang pada Rabu (6/10/2021).

 

Kegiatan ini digelar untuk memberi pembinaan cara menghasilkan produk pangan olahan yang baik agar mendapatkan izin edar MD dari Badan POM.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Semarang Bongkar 34 Bangunan Liar di Simongan

 

Menurut Kepala BBPOM di Semarang, Sandra MP Linthin mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 25 pelaku UMKM.

“Program ini dalam rangka pendampingan UMKM. Mereka memang sudah dibina instansi lain, tapi kami ingin berkolaborasi sehingga pendampingan UMKM ini bisa terpadu antarstakeholder,” jelas dia.

 

Lebih detail, Sandra mengungkapkan, Technopark Pangan Grobogan sendiri juga menjadi tempat pelatihan. Di sana tersedia alat-alat untuk membuat produk pangan, antara lain produk mi dan tepung mocaf.

Baca Juga :  Empat Kali Berturut-Turut, Pemprov Jateng Terima Anugerah Parahita Ekapraya

 

“Selain UMKM yang dibina secara internal, mereka juga punya UMKM binaan di luar. Artinya yang produksi di rumah tangga masing-masing. Keduanya kami dampingi. Kami kawal khusus sekiranya mereka punya potensi produk yang diminati masyarakat luas, bahkan bisa diekspor,” tutur dia.

Baca Juga :  Empat Kali Berturut-Turut, Pemprov Jateng Terima Anugerah Parahita Ekapraya

 

Ia menyebut, produk olahan para pelaku UMKM binaan Technopark Pangan Grobogan sebetulnya sudah memiliki izin semua. Namun masih dalam bentuk industri pangan rumahan. Izin yang dikeluarkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten

  • Bagikan