GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Putri Penyanyi Nia Daniati Raup Rp 9,7 M Dalam Kasus Penipuan CPNS

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Putri penyanyi lawas, Nia Daniati bernama Olivia Nathania (Oi) meraup keuntungan Rp 9,7 Miliar.

Namun sayangnya, keuntungan itu diperoleh melalui kasus penipuan CPNS. Dalam aksinya, Oi sapaan akrabnya, bekerja sama dengan suaminya, Rafly Noviyanto Tillar.

Kini, kasus tersebut sudah masuk penyelidikan Polisi.  Keduanya dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dengan kasus dugaan penipuan CPNS pada Jumat (24/9/2021) lalu.

Tidak tanggung-tanggung, karena jumlah korbannya mencapai 225 orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, penyidik telah menerima laporan tersebut dan tengah menyiapkan administrasi penyelidikan.

“Laporan sudah diterima dan masih dipelajari. Kita akan siapkan surat penyelidikannya,” kata Yusri saat dikonfirmasi, Senin (27/9/2021) seperti dilansir Humas Polri.

“Sehingga kita bisa mengambil keterangan pelapor dengan membawa bukti-bukti dan saksinya tentang masalah penipuan ini, masalah pemalsuan surat ya,” jelasnya.

Sebelumnya, Odie Hudianto melaporkan anak dan menantu penyanyi lawas Nia Daniaty atas dugaan tindak penipuan dan penggelapan serta pemalsuan surat. Laporan tersebut tercacat dengan nomor STTLP/B/4728/IX?2021/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 24 September 2021.

Keduanya mengaku dapat memasukkan seseorang untuk lolos posisi PNS melalui jalur prestasi dengan modus menggantikan PNS yang meninggal dunia karena Covid-19.

“Modusnya dengan cara bujuk rayu, mengiming-iming dia punya link di BKN sehingga semua korban diminta untuk menyerahkan uang ke Oi. Setelah uang diserahkan, Oi menyerahkan surat pengangkatan dan SK yang dikeluarkan BKN, kita cek ternyata tidak sah, tidak ada SK tersebut,” kata Odie.

Odie menjelaskan, baik Oi dan Raf memasang tarif yang beragam untuk satu posisi PNS, mulai dari Rp 25-150 juta. Sementara nilai kerugian dari 225 korban yang ditipu mencapai Rp 9,7 miliar. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/09/astaga-korban-dugaan-penipuan-cpns-oleh-anak-penyanyi-nia-daniati-capai-225-orang-kerugian-rp-97-miliar-tarifnya-bikin-geleng-geleng/2/