GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

sumber foto: tempo.co / kolase: suhamdani

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Setelah sempat menghangat beberapa waktu lalu, rivalitas antara dua kader PDIP, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani kembali menghangat.

Di Jawa Timur,  Ketua Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN) Jawa Timur Marsiswo Dirgantoro tidak mempermasalahkan deklarasi organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo, Jokowi Mania (Jokman) Jawa Timur, yang menyatakan mendukung Ganjar Pranowo dalam pemilu presiden 2024.

Marsiswo mengaku tidak heran karena sebagian relawan Ganjar Pranowo memang bekas relawan Jokowi ketika dua kali memenangkan pemilu presiden pada 2014 dan 2019.

“Kami tidak terpengaruh, silakan saja bikin deklarasi-deklarasi,” ujar Marsiswo saat dihubungi, Senin ( 20/9/ 2021).

Marsiwo yakin relawan-relawan pendukung Ganjar Pranowo mau tidak mau pada akhirnya akan tunduk pada komitmen bersama setelah PDI Perjuangan memutuskan siapa calon presiden yang diusung pada pilpres 2024.

Marsiswo optimistis rekomendasi PDI Perjuangan bakal jatuh pada Puan Maharani.

Indikasi ke arah sana, kata Marsiswo, makin benderang setelah partai berlambang kepala banteng itu melarang Ganjar bermanuver sebagai calon presiden. Isyarat partai itu, menurut Marsiswo, merupakan sinyal kuat bahwa Ketua Umum Megawati Sukarnoputri hanya akan merestui Puan.

“Kecuali bila Pak Ganjar mau pindah partai atau mau berangkat dari partai lain,” katanya.

Marsiswo mengatakan GPMN telah mencermati dan menganalisis ke mana bandul PDI Perjuangan bergerak pada pemilu 2024.

Karena itu untuk memantapkan langkah dukungan pada Puan Maharni, GPMN, kata Marsiswo, dalam waktu dekat mengadakan kegiatan pertemuan berskala nasional di Jakarta.

Marsiwo justru mengajak Jokowi Mania bersatu dengan GPMN bila memang mendukung Jokowi. Alasannya, saat ini GPMN juga sedang mendukung program-program prorakyat Jokowi.

“Mengapa kita tidak bersinergi saja kalau sama-sama mendukung program Pak Jokowi,” katanya.

Pengurus Jokowi Mania Jawa Timur Warsito Adi belum dapat dimintai tanggapan ihwal deklarasi relawan tersebut mendukung Ganjar Pranowo di Hotel Garden Palace Surabaya, Jumat pekan lalu, 17 September 2021.  Panggilan telepon Tempo tidak direspon.

“Masih rapat di Pendopo Kabupaten Malang,” katanya melalui pesan singkat, Senin sore.

Sebelumnya pada pernyataan deklarasinya, Jokowi Mania Jawa Timur sepakat mendukung duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir berpasangan pada pemilu presiden 2024.

Menurut dia, dukungan pada Ganjar dan Erick itu sejalan dengan sikap Jokman di seluruh Indonesia.

“Relawan Jokowi di NKRI satu komando mendukung,” kata Warsito dalam deklarasi yang juga dihadiri Ketua Umum Jokowi Mania Emmanuel Ebenezer itu.

www.tempo.co

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/09/rivalitas-ganjar-puan-meruncing-pendukung-jokowi-di-jatim-dukung-ganjar-relawan-puan-yakin-pdip-tetap-puan/2/