GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Siap Hadapi Endemi

Presiden Jokowi / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Hampir dua tahun pandemi Covid-19 masih belum ada tanda-tanda berakhir. Lantaran itulah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat siap menghadapi proses transisi dari pandemi ke endemi Covid-19.

Hal itu dikatakan oleh Presiden Jokowi usai meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di SLB Negeri 1 Bantul, Provinsi DIY, Jumat (10/9/2021).

Jokowi menegaskan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat. Oleh karena itu,  mau tidak mau masyarakat sudah harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

“Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi dan juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid,” ujar Jokowi.

Meski begitu, ia tetap mengingatkan agar masyarakat tidak euforia berlebihan dan abai akan protokol kesehatan utamanya memakai masker.

Hal itu menjadi krusial karena Jokowi tidak ingin ada euforia ataupun senang-senang yang berlebihan.

“Karena kita semuanya, masyarakat harus sadar bahwa Covid selalu mengintip kita sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker,” kata Jokowi.

Dihubungi secara terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan pada masa transisi ini masyarakat sudah dapat memulai beraktivitas dengan menyesuaikan level PPKM di daerah masing-masing.

“Masyarakat juga harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan juga segera divaksinasi bagi yang belum. Testing, Tracing, Treatment termasuk isolasi terpusat harus digalakkan agar identifikasi potensi kasus baru dapat segera dimitigasi,” ucap Budi Jumat (10/9/2021).

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa hidup bersama dengan Covid-19 merupakan kenyataan yang harus dihadapi bersama. Redaksi

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/09/jokowi-masyarakat-untuk-siap-hadapi-endemi/