Kartu Vaksin untuk Syarat Administrasi Ditentang, Anggota MPR RI Ini Minta Pemerintah Bijak Menanggapi

1108 peduli lindungi
ilustrasi aplikasi pedulilindungi
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Polemik dan kontroversi mengiringi lahirnya kebijakan penggunaan kartu vaksin Covid-19 sebagai syarat administrasi.

Penolakan oleh sebagian kalangan itu dilakukan melalui petisi di laman change.org.

Aksi tersebut, tak pelak memancing anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani ikut memberikan tanggapaan.

Menurutnya, pemerintah perlu menanggapi penolakan  itu dengan bijak. Protes dari masyarakat perlu diperhatikan sebagai masukan agar program vaksinasi bisa berjalan lancar ke depannya.

Baca Juga :  Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

“Pemerintah  tidak bisa menyalahkan begitu saja kelompok  masyarakat yang menyetujui petisi penolakan kartu vaksin sebagai syarat administrasi. Sikapi dengan bijaksana dan jadikan sebagai input bahan evaluasi dalam meningkatkan realisasi vaksinasi,” kata Netty, dikutip dari republika.co, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga :  Duh, Pengumuman Hasil Seleksi Guru PPPK Ditunda. Tapi Kemdikbud Janji Tak Akan Rugikan Peserta

Petisi yang ditandatangani lebih dari 32.000 orang tersebut dinilai sebagai wujud dari belum berhasilnya program vaksinasi nasional. Contohnya target penerima vaksin yang belum memperoleh dosis vaksin.

“Berdasarkan data 8 September lalu, baru 33,22 persen masyarakat yang disuntik dosis pertama, sementara yang menerima dosis kedua hanya 19,07 persen. Artinya masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan hak vaksinasinya,” ujarnya.

Baca Juga :  UU ITE Jadi Dasar Luhut dan Moeldoko Laporkan Aktivis ke Polisi

Selain itu, Netty juga menilai kebijakan ini berpotensi mendiskriminasi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi Covid-19. Karena terdapat banyak alasan mengapa ada masyarakat yang belum bisa vaksin, seperti memiliki komorbid, terkendala mendapat vaksin gratis, atau belum lama sembuh dari Covid-19.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan