Meski Sudah Diperketat, 4 Orang dari Malaysia Ini Lolos Masuk Indonesia Tanpa Tes PCR di Negara Asal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Doc
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Ternyata, aturan pengetatan kedatangan orang dari luar negeri demi mencegah kemungkinan penularan Covid-19 masih juga dilanggar.

Saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi setelah ia mengunjungi  Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan Entikong, Kalimantan Barat,  ketahuan ada empat orang datang dari Malaysia belum melakukan tes PCR di negara asal namun berhasil masuk ke Indonesia.

Baca Juga :  5 Tradisi Unik di Nusantara yang Kental dengan Maulid Nabi

Keempat orang tersebut kemudian melakukan alat PCR dan Antigen oleh tim Kementerian Kesehatan di lokasi.

Artinya, kata Budi, mereka yang masuk tanpa ada data PCR atau Antigen saat berangkat, bisa tes di PLBN.

“Sehingga kami bisa memisahkan mereka yang negatif dan positif,” kata Budi dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga :  Berkat Tritter, Anak yang Hilang 5 Tahun Ini Ditemukan Hanya dalam 2 Hari

Budi tidak menjelaskan persis apakah empat orang itu melintas di Aruk atau Entikong. Ia juga tidak merinci apakah semuanya adalah orang Malaysia yang kerja di Malaysia, atau warga Malaysia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan tiga Surat Edaran tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dari Luar Negeri.

Baca Juga :  Perludem Perkirakan Pilpres 2024 Tak Lebih dari 3 Pasangan Calon

Untuk penumpang dengan transportasi darat (SE Nomor 75 tahun 2021), laut (SE Nomor 76 tahun 2021), dan udara (SE Nomor 74 tahun 2021).

SE tersebut mengatur pembatasan di pintu kedatangan pelaku perjalanan internasional. Untuk bandara yang dibuka hanya di Bandara Soekarno Hatta Banten dan Sam Ratulangi, Manado.

  • Bagikan