Wah, Ternyata Ada 239 Anggotaa DPR yang Belum Lapor LHKPN

Sufmi Dasco Ahmad / tempo.co
  • Bagikan

“Melalui rapim yang sudah diadakan kemarin, tapi sempat di-Bamus-kan, kami akan minta kepada ketua-ketua fraksi untuk menyampaikan kepada para anggotanya untuk segera memasukkan LHKPN,” kata Dasco.

Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya menyinggung turunnya tingkat kepatuhan penyampaian LHKPN anggota DPR. Dari 569 anggota, kata dia, baru 330 di antaranya yang sudah melapor.

Baca Juga :  Kapolri Bakal Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pelanggaran Saat Bertugas

“Belum melaporkan 239 atau tingkat persentase laporan baru 58 persen,” kata Firli dalam acara diskusi daring pada Selasa (7/9/2021).

Firli pun mengimbau seluruh anggota DPR agar taat melaporkan LHKPN. Menurut dia, rutin melaporkan catatan harta kekayaan akan menjadi cara mengendalikan diri dari praktik korupsi.

Baca Juga :  5 Tradisi Unik di Nusantara yang Kental dengan Maulid Nabi

“Artinya kalau 2019 taat, 2020 taat, 2021 sampai 2024 harus ada terus. Jadi kalau KPK minta selamanya (menjabat) ya tolong dipenuhi,” kata Firli.

Berdasarkan Peraturan KPK Nomor 7 tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman dan Pemeriksaan LHKPN, disebutkan bahwa LHKPN wajib disampaikan setiap satu tahun sekali dan disampaikan paling lambat tanggal 31 Maret secara online melalui https://elhkpn.kpk.go.id/. #tempo.co

Baca Juga :  Gempa Bumi Guncang Bali, Tiga Orang Tewas dan 269 Rumah Rusak

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/09/sebanyak-239-anggota-dpr-belum-lapor-lhkpn-sufmi-dasco-hanya-persoalan-teknis/

 

  • Bagikan