GROBOGAN.NEWS Solo

Sudah Mentok! Pengusaha Kuliner di Sukoharjo Ini Kibarkan Bendera Putih. Menyerah…

Pengusaha kuliner di Sukoharjo selain mengibarkan bendera putih juga menuliskan pernyataan untuk Presiden Jokowi / istimewa

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS Dampak kebijakan PPKM yang diperpanjang, ternyata dampaknya sangat serius di bidang perekonomian di tingkat paling kecil, yakni keluarga.

Di kalangan pengusaha juga demikian. Para pemilik usaha mikro kecil menengah, satu per satu bertumbangan.

Salah satu pemilik usaha kuliner dari Sukoharjo ini bahkan sudah mengibarkan bendera putih sebagai tanda menyerah, di depan warung sate miliknya di jalan Solo-Wonogiri.

Selain itu, sang pemilik warung, Anggit Suseno (27) dan istrinya, Ika puri (29)  juga menulis semacam surat di papar kayu di depan warungnya. Surat itu ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Isinya meminta solusi atas kondisi sepinya warung imbas penerapan PPKM.

Informasi yang dihimpun, pasutri tersebut merupakan pemilik warung sate Pak Kampek, tak jauh dari komplek perkantoran Pemkab Sukoharjo. Sejak Senin (2/8/2021) keduanya memasang bendera putih pada tiang besi di depan warung mereka.

Keduanya juga memberikan pernyataan tertulis kepada presiden Jokowi. Pernyataan tertera jelas di sebuah papan kayu hitam. ‘Pak Jokowi miris ga ya lihat warung-warung pada sepi gini?Solusi dong’, demikian tulisan dalam pakan kayu itu.

Keduanya mengaku penghasilan turun drastis dampak pageblug yang melanda. Mereka bahkan terpaksa menjual mobil dan sepeda motor untuk menyambung hidup. Untuk modal usaha kadang mereka memakai prinsip gali lubang tutup lubang alias pinjam sana pinjam sini. Keduanya memiliki tiga anak yang masih kecil-kecil.

Warung sate itupun berdiri di lahan sewaan. Awalnya ada sejumlah pengusaha kuliner yang ikut menyewa di sekitar mereka namun satu demi satu tumbang. Hingga menyisakan mereka saja yang bertahan sampai saat ini.

“Pembeli yang ada biasanya melalui layanan delivery ojol, itupun jarang,” kata keduanya.

Penyekatan jalan ditambah dimatikannya lampu penerangan semakin membuat penghidupan usaha mereka susah. Saat ini bisa mencapai BEP usaha alias menutup modal sudah sangat bersyukur.

“Kalau jalan dibuka lagi, kemungkinan ada yang membeli jadi bisa laku,” ujar mereka.

Disinggung soal bantuan sosial, mereka mengaku belum mendapatkannya. Sempat akan menghubungi Dinas Sosial namun niatan itu akhirnya diurungkan. Aris

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/08/wis-ra-kuat-pengusaha-kuliner-sukoharjo-kibarkan-bendera-putih-tanda-menyerah-hadapi-ppkm-ternyata-sampaikan-pernyataan-tertulis-juga-untuk-presiden-jokowi-begini-bunyinya/