GROBOGAN.NEWS Solo

Menko Luhut Pandjaitan Targetkan 35 Juta Warga se-Jawa Bisa Tervaksin Sampai Akhir Agustus

Luhut Binsar Panjaitan / tempo.co

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meninjau vaksinasi warga di Desa Krebet, Kecamatan Masaran, Sragen, Kamis (5/8/2021) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Luhut menargetkan 75 persen warga di wilayah Soloraya sudah bisa divaksin sampai akhir bulan Agustus ini.

Sementara itu untuk wilayah se-Jawa ditargetkan 35 juta warga dan nasional 72 juta bisa tervaksin sampai akhir bulan.

Luhut hadir didampingi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin serta Bupati dan jajaran Forkompida.

“Soloraya kita mau, tadi dengan pak Menteri Kesehatan supaya 75 % sampai akhir bulan ini. Seperti di Sragen kita mau dengan ibu Dokter Bupati nanti bisa 15.000 sehari dan itu bisa. Itu kata Ibu Bupati,” papar Luhut kepada wartawan.

Menko yang juga Koordinator Satgas Nasional Penanganan Covid-19 itu menyampaikan untuk mengejar target itu, pihaknya bersama Menkes akan terus mendorong untuk penambahan jumlah dosis vaksin.

Tidak hanya skala nasional, vaksin yang dikirim ke daerah juga didorong untuk terus ditambah.

“Bulan ini kita mau vaksin 72 juta seluruh Indonesia jadi di Jawa mungkin 35 juta,” kata dia.

Menurut Luhut, target itu dicanangkan untuk mempercepat pencapaian kekebalan komunal atau herd immunity.

Berdasarkan para ahli dan dewan guru besar sejumlah universitas, herd immunity agak sulit tercapai jika masih di bawah 75 persen.

“Jadi oleh ahli-ahli kita dan dewan guru besar UI, UGM dan apa namanya Airlangga itu sepakat kita capai dengan tiga hal. Yakni dengan vaksin, kedua 3 testing, tracing dan tiga M pakai masker, mencuci tangan, jaga jarak. Jadi kalau ini bisa mengelola dengan baik pasti bisa mengendalikan ini (Covid-19),” urainya.

Ia menyebut sejauh ini belum ada negara yang bisa mengendalikan semua itu.

“Kalau ada orang bilang bisa mengendalikan semua belum ada negara yang bisa melakukan itu,” katanya. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/08/blusukan-di-sragen-menko-luhut-pandjaitan-target-35-juta-warga-se-jawa-bisa-tervaksin-sampai-akhir-bulan-target-nasional-72-juta/