Menko Airlangga Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 dengan Pejabat Daerah di Sulawesi Tengah

AIrlangga
Airlangga Hartarto.
  • Bagikan

SOLO, GROBOGAN.NEWS Di tengah pandemi Covid-19, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hart melakukan rapat koordinasi dengan para Kepala Daerah, baik Gubernur/ Bupati/Walikota dan Forkompimda se-Provinsi Sulawesi Tengah.

Rakor di  Sulawesi Tengah tersebut merupakan rangkaian dari kunjungan kerja ke daerah-daerah di luar Jawa-Bali yang memiliki level asesmen 4.

Airlangga menjelaskan, secara umum penerapan PPKM di Sulawesi sudah mulai membuahkan hasil. Di mana selama bulan Agustus ini, kasus aktif sudah mulai turun rata-rata sebesar -8,77%.

Dari enam provinsi di wilayah Sulawesi, lima  provinsi sudah turun cukup signifikan. Hanya Provinsi Sulawesi Tengah yang masih naik angkanya.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Polsek Gondang Sragen Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis Dengan Kuota 1.200 Dosis

Namun demikian, pada minggu ke-3 dan 4 Agustus ini, sudah mulai melandai dan menurun trennya, dengan rata-rata kasus aktif 9.032 kasus pada minggu ke-4.

“Ini terhitung turun dari minggu sebelumnya, sebesar rata-rata 10.054 kasus,” papar Airlangga Hartarto, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Tren penurunan kasus di Sulawesi tersebut, tidak lepas dari dukungan seluruh pihak dan tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kebijakan PPKM dari pemerintah setempat.

Karena itulah, Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyempatkan diri untuk meninjau secara langsung Kampung Tangguh di Kelurahan Talise Valangguni, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 Menurun, Pemkab Sragen Tak Buru-buru Buka Objek Wisata

Sebagaimana diketahui, Kampung  Tangguh merupakan desa percontohan dalam menerapkan Prokes. Airangga juga meninjau fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter) di Gedung BPSDM Provinsi Sulteng, dan mengecek langsung pelaksanaan vaksinasi di halaman kantor Gubernur yang diselenggarakan Dinkes Provinsi Sulteng.

“Saya mengapresiasi kebijakan yang dilakukan oleh Gubernur terkait penjagaan keseimbangan rem dan gas, sekaligus kerja sama yang baik dengan perbankan dan pihak swasta,” ujar Menko Airlangga.

Di samping itu, secara husus Airlangga juga mengapresiasi Kampung Tangguh yang menjadi percontohan Prokes dan berhasil menihilkan kasus Covid-19 di lingkungannya.

Baca Juga :  Petani di Sragen Dapat Tawaran Kerja Sama Kemitraan dengan Konsep Pertanian Modern

Dijelaskan, Provinsi Sulawesi Tengah  saat ini tengah menerapkan PPKM Level 4 pada 7 dari 13 Kabupaten/ Kota di wilayahnya.  Penerapan PPKM tersebut melibatkan seluruh kepala daerah dan Forkompimda.

“Sulawesi Tengah sudah punya formula untuk pengendalian Covid-19. Jika formula tersebut direplikasi ke semua posko, saya yakin level asesmen akan segera turun,” ujar Menko Airlangga.

Melalui kunjungan tersebut, Menko Airlangga menargetkan pada PPKM ke depan, Sulawesi Tengah dapat turun ke Level 3.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan