Menkes Telah Siapkan Strategi Bagi Masyarakat untuk Hidup Berdampingan dengan Covid-19

Menkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kementeriannya saat ini sudah mulai menyusun strategi hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Di ratas tadi Bapak Presiden meminta kami mulai bisa menyusun strategi hidup bersama pandemi, bukan hanya strategi penanganan pandemi,” kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (23/8/2021).

Baca Juga :  Terjerat Kasus Suap, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dikabarkan Resmi Tersangka

Strategi itu mencangkup beberapa hal. Pertama adalah agar masyarakat bisa menyeimbangkan antara hidup sehat dan kegiatan ekonomi. Dalam penerapannya, Budi mengatakan penerapan protokol kesehatan harus diimplementasikan dengan disiplin.

“Jadi kami sudah bekerja sama dengan beberapa asosiasi dan perkumpulan untuk mulai menyusun prokes berbasis teknologi informasi. Ada aplikasi PeduliLindungi yang akan kita pakai secara nasional untuk membantu implementasi prokes berbasis teknologi informasi,” kata Budi.

Baca Juga :  UU ITE Jadi Dasar Luhut dan Moeldoko Laporkan Aktivis ke Polisi

Nantinya prokes yang diatur akan mencangkup prokes di sektor perdagangan modern hingga tradisional, di sektor transportasi darat, laut udara, di sektor kerja industri maupun perkantoran, di sektor pariwisata, mulai dari pertandingan sepak bola, konser musik, kuliner, juga restoran, hingga prokes di bidang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga universitas.

Baca Juga :  Pemerintah Siap Melakukan Penguatan Terhadap Sektor Ekonomi Syariah

Prokes di acara atau hari keagamaan juga akan ikut diatur. Terlebih ritual-ritual keagamaan yang berlangsung tiap hari minggu atau hari raya besar.

“Nanti akan disusun atas arahan Bapak Presiden berbasis informasi teknologi berpusat pada aplikasi PeduliLindungi sehingga kita bisa membangun hidup bersama epidemi dengan menyeimbangkan sisi kesehatan dan ekonomi,” kata Budi.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan