GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Mau Sumbang Rp 2 T, Keluarga Akidi Tio Malah Jadi Tersangk Penipuan

Heriyanti putri bungsu Akidi Tio ditangkap Polrestabes Palembang dan jadi tersangka / Tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Heboh bantuan pengusaha Akidi Tio sebesar Rp 2 triliun yang membuat semua orang berdecak kagum, akhirnya malah berakhir antiklimaks.

Heriyanti, putri bungsunya justru ditetapkan sebagai tersangka, pada Senin (2/8/2021) siang oleh Polda Sumsel.

Tepat seminggu setelah  dia mengumumkan akan menyumbang uang Rp 2 triliun untuk masyarakat Palembang yang terdampak Covid-19, Senin (26/7).

Heriyanti  menjadi tersangka dalam kasus penipuan terkait uang sumbangan 2 Triliun itu. Siang tadi Heriyanti dijemput langsung oleh Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro.

Sejumlah petugas mengiringi kedatangan Heriyanti di Mapolda Sumsel saat diamankan Senin (2/8/2021).

Di tempat yang sama minggu lalu mendapat sanjungan karena mengumumkan sumbangannya yang  fantastis. Bikin  geger karena nominal uang sebanyak itu, kalau digelar–panjangnya bisa dari Aceh  sampai Papua.

Polemik sejak awal 

Sekedar mengingatkan, pengumuman sumbangan 2 T disampaikan dalam sebuah acara  resmi di Gedung Promoter Polda Sumsel Lantai 3 Jalan Jend. Sudirman KMP,  Palembang, Sumsel, Senin  (26/7/2021) siang.

Acara itu dihadiri Gubernur Sumsel  H. Herman Deru, SH., MM, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM dan Danrem 044/Gapo Brigjen TNI  Jauhari Agus Suraji, S.I.P. S.Sos. Disaksikan pula oleh perwakilan seluruh pemuka  agama.

Sejak pengumuman itu, polemik rasanya tidak pernah berhenti mengisi ruang publik.  Belum jelas apakah Prof DR dr Hardi Darmawan juga ikut diperiksa dan menjadi tersangka.

Dokter pribadi keluarga Akidi Tio ini paling aktif memberi keterangan pers. Meyakinkan kedermawanan Akidi Tio.

Aktif menggambarkan sikap sederhana pasiennya yang tidak suka pamer.  Membuat wartawan  senior Dahlan pun ikut terharu.

Mula-mula, Ketua MPR – RI Bambang Soesatyo juga ikut  bicara melengkapi profil Akidi, menambah haru banyak orang.

“Akidi Tio pernah hidup di Palembang, usahanya mulai dari kecap, lalu punya pabrik kecap. Dia juga punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang. Dia yang punya Cipta Futura Sawit di Muara Enim,” tulis Bambang, seperti disiarkan banyak media.

 

Cacat Data

Seperti yang saya tulis sebelumnya (“Fenomena Akidi Tio & Wartawan Zaman Now”) sejak disiarkan pertama kali secara serempak oleh media, berita itu memang mengandung cacat data.

Tidak ada ulasan  profil usaha Akidi Tio yang mendukung sumbangannya yang amat besar. Nama anaknya, nama perusahaanya, tinggal di mana, tidak digali.

Padahal, nominal sumbangan seperti telah ditulis membuat siapapun berdecak kagum. Pengusaha Peter F Gontha pun  takjub.

”Luar biasa. Mungkin baru terjadi pertama kali di dunia. Orang-orang terkaya dunia seperti Jeff Bezos (amazon), Elon Musk (Tesla) Bill Gates (Microsoft), Warren Buffet pun belum pernah melakukan (menyumbang uang) sebesar itu, kecuali  melalui Yayasan untuk kepentingan Pajak,“ tulis pelopor televisi swasta di Indonesia itu di laman FB nya.

Fenomena Akidi Tio memang bikin banyak orang terharu. Awalnya, tetapi kemudian perasaan haru itu sirna seiring dengan banyaknya temuan kejanggalan.  Hingga pada puncaknya hari ini, itu bohong belaka alias ” prank”. Redaksi