Gara-gara Mensos Datang, 937 Bantuan PKH di Sragen yang Terblokir Bisa Cair

2308 risma
Mensos Tri Rismaharini / liputan6
  • Bagikan

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS Sekitar 1.868 rekening milik warga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) di Sragen yang terblokir, akhirnya berhasil tertangani, dan masyarakt kini dapat mencairkan bantuan  di BNI.

Kabar baik tersebut berkat kedatangan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rishamarini.

Data terbaru yang masuk ke Bupati, hingga hari Senin (23/8/2021) sudah separuh dari sekitar 1.868 rekening yang terblokir, sudah bisa mengambil bantuannya ke BNI.

“Sudah mulai dicairkan. Kemarin dari data sekitar 1.868 yang terblokir sudah ada 937 yang sampai hari ini sudah mencairkan,” papar Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (23/8/2021).

Bupati menyampaikan kedatangan Bu Mensos ke Sragen pada Jumat (20/8/2021) lalu memang menindaklanjuti surat yang ia kirimkan.

Dalam surat itu ia menyampaikan ada ribuan rekening PKH di Sragen yang terblokir dan belum bisa mencairkan bantuan.

Baca Juga :  Tak Kuat Nanjak, Truk Tronton Penuh Semen Ngglondor dan Menimpa Panther di Mondokan, Sragen

“Jadi Bu Risma rawuh ke Sragen itu berdasarkan surat yang dikirimkan bupati, oleh saya. Alhamdulillah Beliau datang kesini ngecek kemudian minta BNI untuk membuka blokir itu. Kemarin sudah ada respon. Target kami sisanya secepatnya dicairkan,” terangnya.

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Sragen, Finuril Hidayati menambahkan terkait kasus rekening terblokir, pada hari Minggu sudah dibuka.

Selanjutnya, proses pencairan sudah berjalan dan hingga hari ini perjam 12.00 WIB, tercatat sudah 937 KPM yang mengambil bantuannya. Total KPM yang rekeningnya terblokir ada 1.868 orang.

“Jadi yang mengambil 50%, kita laporan catat jam 12.00 WIB siang kemudian jam 18.00 WIB sore udah beres,” katanya.

Baca Juga :  Menggembirakan, Kasus Covid-19 di Sragen Hanya Tambah 6 Orang Saja

Finuril menyampaikan akan segera mengecek kembali progres pencairan. Ia menyampaikan Menteri Sosial sudah menargetkan persoalan pencarian PKH untuk KPM yang sempat terblokir harus selesai maksimal 27 Agustus mendatang.

 

Mensos Ngamuk

Sebelumnya, Mensos Tri Rismaharini sempat ngamuk saat menemukan ribuan rekening PKH di Sragen terblokir ketika menggelar rakor di Kara Guest House Sragen, Jumat (20/8/2021).

Dari paparan, diketahui untuk gelombang 1 di Sragen, dari 35.497 jatah PKH, yang sudah cair sebanyak 35.480 KPM dan menyisakan 17 KPM. Kemudian pada tahap 2, April Mei Juni, dari total 37.225 KPM yang sudah tercairkan sebanyak 35.396 KPM.

Ada sisa 1.829 KPM yang belum cair di tahap kedua. Disampaikan ribuan yang belum cair ini karena memang belum mencairkan, tidak masuk dan rekeningnya terblokir. Untuk tahap ketiga, yang belum dicairkan sebanyak 3.174.

Baca Juga :  Digasak Truk di Jalan Solo-Sragen, 2 Pemotor Dikabarkan Tewas Mengenaskan

Saat dikroscek data yang terblokir, juga ada perbedaan antara data di Kemensos sebanyak 1868 namun dari pihak BNI mencatat 1.826 atau ada selisih 38 KPM.

Di Kabupaten Sragen pada penyaluran Tahap 2 yakni bulan April-Juni terdapat 37.225 KPM dimana ada 2.517 yang belum cair karena buku tabungannya terblokir.

Mendapati fakta itu, Mensos langsung naik pitam. kepada perwakilan Bank BNI dan pendamping mengapa begitu banyak KPM yang belum menerima bantuan.

“Saya minta tolong pak. Hari ini juga bisa selesai. Kalau kartunya belum didistribusikan, ayo kasih ke saya. Sekarang juga saya antar ke rumah KPM,” kata Mensos kepada Pimpinan BNI Sragen, Husni Imawan.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan