GROBOGAN.NEWS Solo

Disuntik Vaksin Moderna untuk Tahap III, Sebagian dari 3.780 Nakes di Sragen Demam dan Pegal-pegal

Ilustrasi Vaksin Covid-19

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS – Sebagian dari 3.780 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Sragen merasakan pegal-pegal, keju dan demam setelah disuntik vaksin Moderna untuk vaksin tahap III.

Demikian diungkapkan oleh Kepala DKK Sragen, Hargiyanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Selasa (10/8/2021). Ia menyampaikan total Nakes di Sragen sekitar 6.000 orang.

Dari jumlah itu, sementara baru 3.780 orang yang mendapat suntikan vaksin tahap ketiga dengan vaksin Moderna sejak kemarin.

“Belum bisa divaksin semua. Karena dosis vaksin yang kita terima baru 270 vial kali 14 dosis. Sisanya nanti akan disuntik bertahap,” paparnya.

Hargiyanto menyampaikan dari 6.000 nakes itu, sejauh ini yang memenuhi syarat divaksin tahap ketiga ada 4.729.

Sementara sisanya 1300an nakes dinilai belun memenuhi syarat. Salah satu persyaratan untuk bisa divaksin ketiga adalah sudah disuntik vaksin tahap kedua.

“Akhir April kemarin yang sudah memenuhi syarat untuk divaksin tahap ketiga ada 4.629 nakes. Karena vaksinnya belum mencukupi, kita kemarin baru distribusikan 60 persen,” jelasnya.

Pihaknya berharap dosis vaksin Moderna untuk nakes bisa segera biar ditambah. Targetnya semua nakes bisa segera disuntik vaksin tahap ketiga.

Nantinya jika mendapat tambahan vaksin Moderna, maka akan segera disuntikkan.

“Target kami maunya secepatnya semua nakes bisa disuntik vaksin Moderna. Makanya harapan kami dosisnya bisa bisa ditambah lagi.

Perihal keluhan nakes pasca disuntik vaksinasi tahap ketiga Hargiyanto menyebut sebagian memang sempat mengeluhkan efek samping usah divaksin.

“Ada yang mengeluhkan kemeng (pegel), anget (demam), keju (linu). Tapi tidak ada yang sampai sakit ekstrim,” tandasnya.

Sebelumnya ia menyampaikan vaksin Moderna memang memberikan efek samping yang lebih dari vaksin lainnya. Karenanya para nakes diharapkan bisa memastikan kondisinya benar-benar fit sebelum disuntik vaksin Moderna. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/08/3-780-nakes-sragen-divaksin-moderna-tahap-3-beberapa-langsung-mengeluh-pegal-dan-panas-1-300an-nakes-dinyatakan-belum-memenuhi-syarat/