GROBOGAN.NEWS Solo

54 PNS Sragen Lolos Skrining Awal Pendonor Plasma, Konvalesen. Sejumlah Pejabat Gagal Karena Berbagai Sebab

Ilustrasi donor plasma / liputan6

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS Sebanyak 53 PNS alumni penyintas Covid-19 di Kabupaten Sragen dinyatakan lolos dalam seleksi awal pemeriksaan oleh petugas PMI Solo, untuk menjadi pendonor plasme konvalesen.

Namun mereka masih harus menunggu hasil lab apakah lolos atau tidak untuk diambil plasmanya. Sebab untuk pendonor plasma memang harus memenuhi berbagai persyaratan.

“Dari skrining administratif ada 53 PNS eks penyintas yang kemarin lolos. Nanti masih menunggu hasil labnya, apakah memenuhi syarat untuk diambil plasmanya. Akan diberitahu apakah lolos atau tidak nanti lewat WA oleh PMI Solo,” papar anggota Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sragen, Tugiyono kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Kamis (19/8/2021).

Kepala DPMPTSP Sragen itu menyampaikan, setelah lolos, nantinya para abdi negara alumni PC (penyintas Covid-19) itu baru akan menerima jadwal untuk donor.

Pengambilan plasma akan dilakukan di PMI Solo mengingat yang punya peralatan pengambilan hanya PMI Solo.

“Nanti yang lolos akan dikirim WA, baru dijadwal untuk diambil plasmanya di PMI Solo,” terangnya.

Tugiyono menguraikan beberapa pejabat teras juga sempat ikut menjalani skrining. Namun beberapa di antaranya gagal lolos karena beragam sebab.

Seperti salah satu kepala dinas yang tidak lolos karena pembuluh venanya terlalu kecil. Ukuran vena yang terlalu kecil menyulitkan pengambilan plasma yang ukuran jarumnya berbeda dari jarum suntik.

Kemudian Sekda Tatag Prabawanto juga tidak lolos skrining karena baru saja menjalani vaksin ketiga kali.

“Saya juga belum bisa karena habis vaksin. Nanti setelah memenuhi syarat tenggat waktunya dan lainnya, saya siap. Pak Sekda juga habis vaksin kurang dari seminggu sehingga belum memenuhi syarat,” terangnya. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/08/venanya-terlalu-kecil-satu-kepala-dinas-di-sragen-gagal-jadi-pendonor-plasma-sekda-juga-tak-lolos-53-pns-tunggu-hasil/