Harga Tes PCR Akhirnya Turun 45 Persen, Tepat di HUT ke-76 Kemerdekaan RI

ilustrasi tes PCR / pixabay
  • Bagikan

Batasan harga tertinggi untuk tes PCR tersebut diatur oleh Kementerian Kesehatan serta  tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/2845/2021 Tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Kabar gembira tidak berhenti di situ saja. Pemerintah juga mengatur hasil tes PCR harus mampu dikeluarkan dalam durasi maksimal 1×24 jam.

Baca Juga :  Koalisi Kebebasan Akademik Tolak UNJ Hadiahkan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Ma’ruf Amin

Johnny G. Plate melanjutkan, berdampingan dengan penurunan harga tes PCR, hasil pemeriksaan yang lebih cepat keluar juga dicanangkan. Apabila identifikasi lebih dini kasus konfirmasi positif COVID-19 dilakukan, maka upaya tindak lanjut dapat disegerakan.

Baca Juga :  Kapolri Bakal Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pelanggaran Saat Bertugas

“Hasil pemeriksaan juga bisa didapatkan masyarakat dengan lebih cepat, sehingga kasus konfirmasi segera bisa ditindaklanjuti,” sambungnya.

Ke depannya, Kemenkes bersama pemerintah akan terus mengevaluasi dan meninjau ulang batas tertinggi harga tes PCR secara berkala. Tentunya, keputusan akan disesuaikan berdasarkan dinamika yang ada. Linda Andini Trisnawati

Baca Juga :  Tragis. Siswi Kelas 1 SMK Meninggal Dunia Usai Digilir oleh 12 Orang. Alat Vitalnya Sampai Bengkak, Pelaku Pertama Ternyata Malah Pacarnya

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/08/kado-hut-ri-ke-76-harga-tes-pcr-akhirnya-turun-45/

  • Bagikan