Dalam Waktu Dekat, Seluruh Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia Akan Diubah, Ini Tujuannya

1408 pelat nomor
ilustrasi pelat nomor kendaraan / tribunnews
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Warga pelat nomor kendaraan di Indonesia, tidak lama lagi bakal berubah. Jika sebelumnya warna dasar pelat nomor menggunakan warnaa hitam dengn tulisan warna putih, maka pada nomor yang baru nanti, penggunaan warna tersebut akan dibalik.

Kepolisian Republik Indonesia (RI) merencanakan hal itu dengan tujuan agar pelat nomor kendaraan dapat terekam oleh kamera CCTV.

Baca Juga :  Kasus Suap Mantan Penyidik KPK, Robin Pattuju Berkali-kali Bawa Tas Penuh Uang dari Rumah Azis Syamsudin

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas, Polri Brigadir Jenderal Halim Paggara.

“Kalau warna hitam itu susah direkam kamera, sedangkan warna selain hitam lebih mudah terlihat, misalnya warna hitam, merah, atau kuning,” kata Halim seperti dikutip dari tempo.co, Kamis (12/8/2021).

Tak hanya itu, dengan warna dasar pelat menjadi putih, dan tulisan hitam, akan memudahkan dalam pengidentifikasian kendaraan yang sedang dioperasionalkan di lapangan, maka paling efektif dengan memakai kamera RFID atau Radio Frequency Identification Device.

Baca Juga :  Terjerat Kasus Suap, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dikabarkan Resmi Tersangka

Hal itu disebabkan karena sifat kamera adalah menyerap warna hitam sebagaimana juga hukum alam cahaya.

Itulah mengapa, perubahan menjadi warna dasar putih dan tulisan hitam, agar tingkat kesalahan kamera dalam mengidentifikasi kendaraan bermotor di jalan lebih kecil.

Baca Juga :  Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

 

Tak hanya merencanakan perubahan warna saja, pelat nomor kendaraan yang baru ini juga akan ditingkatkan spesifikasi teknisnya, mulai dari bahan atau material hingga catnya yang akan diganti menggunakan stiker.

Akan tetapi, wacana penggantian warna dan bahan pembuatan pelat nomor itu masih dalam tahap pembahasan oleh Korlantas Polri.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan