GROBOGAN.NEWS Solo

Warga Sukoharjo Tak Perlu Cemas Jika Masa Berlaku SIM-nya Habis di Masa PPKM Darurat, Ini Solusinya

ilustrasi SIM / tempo.co

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS Tak perlu risau bagi warga Sukoharjo yang masa berlaku SIM-nya habis pada masa PPKM Darurat 3-20 Juli 2021.

Warga memang bisa melakukan perpanjangan SIM secara online. Dan, bagi yang gagap  teknologi alias Gaptek tak pula perlu risau.

Pasalnya, Polres Sukoharjo sudah membuat kebijakan untuk memberikan dispensasi bagi pemilik kendaraan yang tidak bisa memperpanjang SIM secara online pada saat PPKM Darurat.

Berdasarkan unggahan di akun instagram @lantassukoharjo pada Sabtu (3/7/2021), Satpas 1442 Sukoharjo memberikan dispensai perpanjangan SIM selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Tak Tega Lihat Seorang Nenek Histeris Dengar Bansosnya Diblokir Jika Belum Vaksin, Bupati Sragen Batalkan Rencana Pemblokiran

Dispensasi ini khusus bagi warga Sukoharjo yang masa berlaku SIM nya habis sejak 3-21 Juli 2021 serta tidak dapat melakukan perpanjangan secara online. Warga dapat mulai mencari perpanjangan SIM lagi pada 21-27 Juli 2021.

Aturan ini mengacu pada dasar hukum berupa Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1369/VII/YAN.1.1./2021 tentang Dukungan Program Pemerintah Guna Menangani Penyebaran Virus Covid-19 dan ST Kapolda Jateng nomor ST//IV/YAN.1.1./2021 Tentang Dispensasi Perpanjangan SIM Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Guru SMKN 1 Gondang, Sragen Meninggal Covid-19. Sekeluarga Juga Terpapar

Bagi pemilik SIM yang masa berlaku SIM nya habis pada masa PPKM darurat, harus segera melakukan perpanjangan pada waktu yang ditentukan.

Apabila selama masa dispensasi warga tidak melakukan perpanjangan, maka pemohon SIM diharuskan untuk melakukan ujian SIM mulai dari awal.

Bagi warga yang ingin melakukan perpanjangan secara daring, dapat mengunduh aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) di Playstore.

Baca Juga :  Polres Sragen Tangkap 2 Provokator Demo, Kapolres Imbau Warga Tak Terprovokasi

Aplikasi tersebut sudah mendukung perpanjangan SIM A, C, maupun D. Untuk tes dapat dilakukan secara daring di aplikasi tersebut dan pihak kepolisian akan mengirimkan SIM yang telah diperpanjang ke alamat pemohon.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah mengumumkan keputusan PPKM Darurat bagi Jawa dan Bali yang dimulai pada hari ini, Sabtu (3/7/2021) guna mengurangi lonjakan kasus Covid-19. Elysa

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/07/masa-berlaku-sim-habis-di-tengah-ppkm-darurat-tak-perlu-khawatir-polres-sukoharjo-beri-dispensasi-lihat-jadwalnya/