GROBOGAN.NEWS Solo

Usung Misi Kemanusiaan, Polres Sukoharjo Pinjamkan  Tabung Oksigen untuk Warga yang Jalani Isoman

llustrasi : Petugas mengisi ulang tabung oksigen di tempat pengisian oksigen Aneka Gas Industri, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (30/6/2021) / tempo.co

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS – Jajaran korps Bhayangkara Polres Sukoharjo memiliki program kemanusiaan, dengan menyediakan tabung oksigen gratis untuk dipinjamkan ke warga yang membutuhkan.

Melansir tribratanews, Kamis (29/7/2021), Satreskrim Polres Sukoharjo melakukan bakti sosial (baksos) meminjamkan tabung oksigen berukuran satu meter kubik gratis bagi warga yang menjalani isoman di rumah karena terpapar Covid-19.

Hal itu dilakukan sebagai upaya menjembatani kelangkaan oksigen yang disebabkan tingginya permintaan akibat melonjaknya kasus di Kabupaten Sukoharjo.

Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Tarjono Sapto Nugroho mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, tabung dapat dipinjam oleh warga yang memiliki gejala klinis Covid-19.

Nantinya apabila warga yang meminjam sudah selesai menggunakan tabung oksigennya, maka akan dikembalikan lagi ke Polres Sukoharjo. Ini agar dapat dilakukan pengisian ulang dan digunakan oleh masyarakat lainnya.

“Untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 akibat penggunaan tabung oksigen secara bergantian, kami menganjurkan agar peminjam memiliki sendiri selang oksigennya,” terang dia.

Saat ini, tabung oksigen yang tersedia hanya diprioritaskan kepada warga yang betul-betul membutuhkan. Diupayakan ada 10 tabung yang bisa dipinjam pakai. Syaratnya, terlebih dulu akan didata riwayat penyakit Covid-19 yang bersangkutan terlebih dulu.

“Yang jelas, kami menyasar warga yang benar-benar membutuhkan. Dilihat dari saturasinya apabila memang sudah turun dan benar membutuhkan, nanti dapat diceritakan kepada kami kronologinya maupun latar belakang kasus medisnya, nanti kami dapat pinjamkan,” ujar dia.

Kasatreskrim mengimbau kepada warga agar tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M selama PPKM Level 4. Agar lonjakan kasus positif bisa segara mereda.

“Kegiatan pinjam pakai tabung oksigen ini akan terus kami gelorakan, demi membantu mengurangi penderitaan warga yang terpapar Corona,” beber dia. Aris

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/07/ini-baru-polisi-jos-polres-sukoharjo-sediakan-tabung-oksigen-untuk-dipinjamkan-ke-warga-yang-menjalani-isolasi-mandiri/