GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Sempat Heboh Harga Melambung, Ini Harga Eceran Tertinggi Ivermectin Versi Kemenkes

Ivermectin 12 mg. Kementerian BUMN

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Ketika di luaran harga ivermectin menjadi heboh dan viral lantaran melonjak selangit, berapa sebenarnya harga ivermectin yang sebenarnya?

Mengenai hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan harga eceran tertinggi Ivermectin ukuran 12 miligram sebesar Rp 7.500.

Selain Ivermectin, Kemenkes juga menetapkan harga eceran tertinggi 10 obat lainnya seperti Oseltamivir 75 mg kapsul, Remdesivir 100 mg vial, dan Intravenous Immunoglobulin 5 persen 50 mili vial.

Keputusan penetapn HET tersebut diterbitkan dalam bentuk Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4826/2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan keputusan ini sudah diteken pada Jumat, 2 Juli 2021.

“Harga tertinggi ini berlaku untuk semua, apotek, rumah sakit, instalasi farmasi, dan klinik, yang berlaku diseluruh Indonesia,” ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers pada Sabtu (3/7/2021).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan keputusan ini diambil agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Ia meminta Polisi menghukum orang yang menaikkan harga obat. “Polisi jangan ragu, tindak tegas, saya tidak ada urusan backing-backing, sampai akar cabut saja,” kata dia. Redaksi

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/07/kemenkes-umumkan-harga-eceran-tertinggi-ivermectin-12-miligram-rp-7-500/