GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Presiden Jokowi Resmi Batalkan Program Vaksinasi Berbayar, Semua Vaksin Covid-19 Gratis

Ilustrasi Vaksinasi.

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Setelah maju mundur soal vaksinasi Covid-19 berbayar, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk membatalkan vaksin berbayar, Jumat (16/7/2021).

Artinya, semua vaksin Covid-19 untuk masyarakat digratiskan. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara.

Pramono Anung mengatakan, sebelumnya vaksin berbayar bagi individu direncanakan akan disalurkan melalui Kimia Farma.

Dengan pembatalan tersebut, jelas Pramono, seluruh vaksinasi akan tetap menggunakan mekanisme seperti yang telah berjalan saat ini yakni gratis bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga :  Rencana Luhut Produksi Laptop Merah Putih Dikritik Susi Pudjiastuti. Mendingan Uangnya untuk BLT Rakyat

Pramono mengatakan pembatalan vaksin berbayar individu dilakukan Jokowi setelah mendapatkan masukan dan juga respons dari masyarakat.

Jokowi juga telah memberikan arahan dengan tegas untuk vaksin berbayar yang rencananya disalurkan melalui Kimia Farma semuanya dibatalkan dan dicabut.

“Semua vaksin tetap dengan mekanisme yang digratiskan seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden sebelumnya,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (16/7/2021).

Baca Juga :  Kasus Obat Invermectin, ICW Endus Adanya Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

Sementara itu, terkait dengan Vaksinasi Gotong Royong, Pramono mengatakan mekanismenya tetap dilakukan melalui perusahaan. Artinya, perusahaan yang akan menanggung seluruh biaya vaksinasi bagi karyawannya.

“Sehingga dengan demikian mekanisme untuk seluruh vaksin, baik itu yang gotong royong maupun yang sekarang mekanisme sudah berjalan digratiskan oleh pemerintah,” kata Pramono.

Baca Juga :  144 Lansia di Tanon Sragen Antusias Ikuti  Vaksinasi Covid-19, Bahkan Ada yang Sampai Dibopong Satgas

Sebelumnya pada awal Juli lalu, pemerintah menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 19 tahun 2021 yang mengubah definisi dari vaksin gotong royong. Dengan perubahan itu, vaksin yang awalnya dibebankan pada perushaan itu diubah menjadi dapat dibeli secara mandiri oleh masyarakat. #tempo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/07/presiden-jokowi-batalkan-vaksinasi-berbayar-seluruh-vaksin-covid-19-gratis/