GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

MPLS Tahun Ajaran Baru di Kabupaten Magelang Dilaksanakan Secara Daring

Ilustrasi Suasana kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Ist

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran baru ini di Kabupaten Magelang pada tahun ini dilaksanakan secara daring.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Aziz Amin Mujahidin.

“MPLS diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 12-14 Juli 2021, untuk PAUD, SD dan SMP. Secara daring di rumah masing-masing siswa, dan dibuka secara serentak,” terang Aziz, Rabu (14/7/2021).

“Alhamdulillah lancar dalam pelaksanaannya, dilaksanakan dengan prinsip mudah, murah, meriah, masal, dan menyenangkan,” ucap Aziz lebih lanjut.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau juga dikenal dengan sebutan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru, merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

“Tujuannya untuk membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Kendati secara daring, namun tetap memberikan kesempatan seluas-luasnya anak mengekspresikan bakat, minat, dan prestasinya,” terang Aziz.

Karena dilaksanakan secara daring, secara teknis pelaksanaan MPLS siswa dirumah di dampingi oleh orang tua siswa.

Dengan materi MPLS antara lain, adaptasi di sekolah yang baru, belajar efektif di masa pandemi Covid-19, perilaku hidup bersih dan sehat, pengembangan bakat minat siswa (lomba-lomba, bermain dan unjuk prestasi), penguatan pendidikan karakter, pendidikan anti napza, profil pelajar Pancasila, dan lain-lain.

“Usai pelaksanaan MPLS, karena masih dalam suasana PPKM maka kegiatan belajar mengajar dilanjutkan optimalisasi pembelajaran jarak jauh, baik daring maupun luring,” tandas Aziz.RIS I LUS