GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Laga Final Piala Eropa Italia Vs Inggris, Jadi Pertemuan ke-28 Kedua Tim. Inilah Fakta-faktanya

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS-Laga final Piala Eropa 2020 antara Italia dan Inggris akan berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Minggu, (11/7/2021) malam waktu setempat atau Senin, (12/7/2021) dini hari waktu Indonesia.

Pertemuan antara Inggris dan Italia pada final nanti akan menjadi pertemuan ke-28 mereka. Langkah Inggris menuju final Euro 2020 ini terbilang cukup mulus.

Timnas asuhan Gareth Southgate ini bahkan baru mematahkan rekor tak pernah kebobolan pada laga kontra Denmark kemarin, (8/7/2021).

Baca Juga :  Ivermectin Jadi Buruan Masyarakat Tanpa Resep Dokter, PT Harsen Minta Maaf

Meskipun demikian, Italia bukanlah lawan yang mudah. Berdasarkan catatan sejarah, selama 27 kali pertemuan keduanya, Italia lebih unggul dengan menang sebanyak 11 kali atas Inggris. Inggris sendiri baru menang 8 kali dan seri sebanyak 8 kali.

Dalam gelaran piala Eropa keduanya pernah bertemu sebanyak 2 kali pada tahun 1980 dan tahun 2012. Dalam dua kali pertemuan itu, Inggris selalu kalah.

Berbeda dengan Italia yang pernah juara Euro pada tahun 1968, Inggris belum pernah keluar sebagai juara. Torehan terbaiknya adalah semifinal pada 1968 dan 1996.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran Covid-19, PKB Setuju PPKM Darurat Diperpanjang, Asal Tak Dipimpin Luhut

Dalam Euro 2020 ini, Italia juga memiliki 5 pemain yang berhasil mencetak dua atau lebih gol. Pemain-pemain tersebut ialah Federico Chiesa, Matteo Pessina, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile dan Manuel Locatelli.

Sedangkan gol terbanyak dari pihak Inggris dicetak oleh sang kapten, Harry Kane. Selama Euro 2020 ini ia berhasil mencetak 4 gol. Rekor tersebut mengantarkannya sebagai pencetak gol terbanyak bersama Inggris di turnamen besar.

Baca Juga :  Pegawai KPK yang Masih Dapat Dibina, Ternyata Emoh Ikuti Diklat Bela Negara

Hingga kini, Timnas Italia memiliki rekor kemenangan beruntun sebanyak 33 kali. Bila berhasil mengalahkan Inggris, catatan kemenangan beruntun tersebut akan bertambah.

Di sisi lain, bila Inggris berhasil mengalahkan Italia, pertandingan ini akan menjadi sejarah baru baru bagi Inggris yang belum pernah juara sebelumnya. Harum Ika Praningrum

Artikel ini telah terbit di JOGLOSEMARNEWS https://joglosemarnews.com/2021/07/final-italia-vs-inggris-jadi-pertemuan-ke-28-kedua-tim-inilah-fakta-faktanya/J