GROBOGAN.NEWS Kudus

Jadi Zona Oranye, Kudus Telah Keluar dari Zona Merah Covid-19 di Jateng

Ilusrasi : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memimpin rapat penanganan Covid-19, di ruang rapat Gedung A Lantai 2 Kantor Gubernur, Senin (5/7/2021). IST

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Kabupaten Kudus telah keluar dari zona merah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Jawa Tengah.

Seperti diketahui, sebelumnya Kabupaten Kudus sempat mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang cukup tinggi usai ditemukan varian delta.

Saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus terus melandai.

“Kudus melandai, bahkan sekarang sudah oranye kalau dari data epidemologis. Kudus sudah tidak masuk zona merah,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ditemui di kantornya, Selasa, (6/7/2021).

Sebelumnya, Kabupaten Kudus sempat menjadi perbincangan nasional karena lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi secara mendadak usai lebaran. Hal itu membuat rumah sakit di Kudus tak mampu menampung pasien.

Namun, angka kasus aktif berhasil dikendalikan berkat sinergi antara Pemprov Jateng dan Pemkab Kudus. Tak hanya itu, pemerintah pusat baik dari Kementerian Kesehatan, BNPB juga terjun langsung untuk menangani peningkatan kasus di sana.

Keberhasilan Pemkab Kudus dalam penanganan kasus Covid-19 itu diharapkan dapat diikuti daerah-daerah lainnya.

“Kami harapkan tren Kudus bisa mempengaruhi area sekitarnya yang masih tinggi. Ya Jepara, Pati, Rembang dan sekitarnya,” kata Ganjar.NOR