GROBOGAN.NEWS Solo

Banyak Pengendara Terjebak di Exit Tol Sambungmacan, Ketua Fraksi PDIP Sragen Marah Besar

Ketua Fraksi PDIP Sragen, Bambang Samekto saat melakukan sidak di Exit Tol Sambungmacan. Foto/Wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS Banyak pengguna jalan tol Sragen-Ngawi yang tertipu. Mereka bis masuk jalur tol, namun ternyata pintu keluar sampai kini belum dibuka.

Mau tak mau, mereka yang terjebak harus putar balik keluar dari Pintu Tol Ngawi. Mendapati kenyataan itu, Ketua Fraksi PDIP Kabupaten Sragen, Bambang Samekto berang.

“Saya tadi sidak ke Exit Tol. Ternyata memang masih ditutup. Pantas saja banyak warga dan pengendara kecele dan melapor, karena sudah dibuka dari lajur utama, tapi pintu keluarnya belum,” papar Bambang usai sidak, Kamis (1/7/2021).

Bambang mengatakan sidak dilakukan lantaran banyak warga yang mengadu dan menanyakan pembukaan exit tol di Sragen Timur itu. Sebab janji awal dari pengelola, rencananya sudah dibuka sebelum Lebaran 2021 lalu.

Baca Juga :  Tak Tega Lihat Seorang Nenek Histeris Dengar Bansosnya Diblokir Jika Belum Vaksin, Bupati Sragen Batalkan Rencana Pemblokiran

Padahal dari fisiknya, exit tol itu sudah rampung sejak beberapa bulan lalu. Hal itu membuat pengguna jalan tujuan Sragen Timur akhirnya terjebak dan terpaksa harus putar balik keluar dari Pintu Tol Ngawi.

Bambang juga merekam semua aktivitas sidaknya. Dalam videonya ia sempat menanyakan ke petugas namun selalu tidak ada jawaban mengapa pembukaan exit tol dibiarkan berlarut tanpa kepastian.

Legislator asal Gondang itu bahkan mengaku langsung melaporkan ke Presiden Jokowi. Sebab ia khawatir keinginan Presiden mempercepat layanan termasuk pembukaan Exit Tol Sambungmacan ternyata justru tidak direspon baik oleh pelaksana di bawahnya.

“Dari dulu kabarnya kan sebelum puasa exit tol Sambungmacan sudah dapat digunakan. Ternyata sampai Juli belum juga dibuka. Celakanya tidak ada kejelasan dan sosialisasi sehingga pengguna jalan tol dari arah Barat tujuan Sambungmacan, Gondang, Ngrampal, Tangen, Jenar, terlanjur masuk ke jalur exit dan akhirnya terjebak. Karena exit tol belum dibuka, mereka harus mutar balik lagi keluar Ngawi lalu masuk lagi keluar Pungkruk. Dan itu lumayan jauh, wajar lah kalau masyarakat mbengok,” ujarnya kesal.

Baca Juga :  Remaja Tewas Seketika Saat Motornya Menggasak Becak Kayuh di Jalan Tanon-Sragen

Senada, Kades Sambungmacan, Sragen, Bondan Pratiwi menyampaikan informasi awal memang sebelumnya pembukaan exit tol ditargetkan sebelum lebaran.

Namun hingga kini belum juga dibuka. Padahal exit tol memang sudah kelar. Sejauh ini juga belum ada pemberitahuan dari PT JSN selaku pengelola kapan exit tol akan dibuka.

Baca Juga :  Penunjukan Kades Jenar Jadi Duta Vaksi Mendapat Apresiasi dari Kapolda Jateng

“Kalau kabar-kabarnya menunggu waktu. Dulu memang janjinya sebelum lebaran mau dibuka, tapi kemudian ada larangan mudik itu sehingga nggak jadi. Sampai sekarang juga nggak ada kabar lagi,” terangnya.

Soal banyak pengguna yang tertipu, ia bisa memaklumi. Sebab jika sudah terlanjur masuk ke lajur exit itu, maka pengguna yang ingin kembali terpaksa harus mutar lewat pintu keluar Ngawi yang jaraknya masih puluhan kilometer.

Lalu harus masuk lagi ke Tol keluar dari Pungkruk Sragen yang jaraknya juga hampir setara jauhnya.

Sementara, hingga kini belum ada penjelasan dari pihak PT JSN perihal rencana pembukaan exit tol Sambungmacan. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di  https://joglosemarnews.com/2021/07/sidak-exit-tol-sambungmacan-ketua-fraksi-pdip-sragen-marah-besar-langsung-lapor-presiden-sebut-banyak-pengendara-tertipu-dan-terjebak/