GROBOGAN.NEWS Umum Nasional
Ilustrasi. Tribunews

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS-Untuk meminimalisir terjadinya kerumunan dan menghindari penularan Covid-19 selama pelaksanaan PPKM Darurat, pemerintah mengeluarkan sejumlah imbauan kepada masyarakat menjelang perayaan Idul Adha.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 43 Tahun 2021 tentang Pengendalian Penampungan, Penjualan, dan Pemotongan Hewa Kurban pada Pelaksanaan Idul Adha 1442 H/2021 M di Masa Pandemi Covid-19.

Suharini Eliawati selaku Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan pembelian hewan kurban dengan dikoordinasi panitia atau lembaga keagamaan setempat.

Baca Juga :  Kasus Obat Invermectin, ICW Endus Adanya Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pembelian secara daring.

“Diimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban melalui online atau dikoordinir oleh panitia kurban dan/atau lembaga keagamaan,” ujar Suharini, dikutip dari tribunnews.com, Senin (12/07/2021).

Untuk pemotongan hewan Suharini meminta masyarakat menyerahkannya di rumah potong hewan (RPH) atau fasilitas pemotongan lainnya di luar RPH yang tidak termasuk zona merah.

Baca Juga :  Bersama Perpanjangan PPKM Level 4, Pemerintah Bakal Menambah Bantuan Sosial

Untuk mengetahui titik atau lokasi yang tidak termasuk zona merah masyarakat dapat mengakses situs corona.jakarta.go.id

Dalam proses pendistribusian daging kurban diharapkan dilakukan tanpa perantara pihak ketiga dan langsung diserahkan ke rumah mustahik yakni orang-orang yang berhak menerimanya.

Selain itu ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk mengutamakan penggunaan kemasan ramah lingkungan untuk mengemas seluruh daging kurban.

Baca Juga :  Rencana Luhut Produksi Laptop Merah Putih Dikritik Susi Pudjiastuti. Mendingan Uangnya untuk BLT Rakyat

“Distribusi daging kurban menggunakan kemasan ramah lingkungan langsung ke rumah mustahik,” ujarnya.

Lebih lanjut Suharini mengungkapkan bahwa sejak 1 Juli 2021 Dinas KPK DKI Jakarta terus melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh hewan kurban di tempat penampungan guna memastikan bahwa hewan-hewan kurban tersebut layak untuk disembelih. Widya Ayu Kusumastuti

Artikel ini telah terbit di JOGLOSEMARNEWS https://joglosemarnews.com/2021/07/untuk-cegah-terjadinya-kerumunan-ini-yang-perlu-dilakukan-untuk-persiapan-idul-adha/