GROBOGAN.NEWS Grobogan

Penasaran Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan. Inilah Ulasannya

Ilustrasi Belimbing Wuluh. Pixabay

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Belimbing wuluh atau Averrhoa bilimbi merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak manfaatnya.

Buah yang sangat asam rasanya ini banyak dimanfaatkan terutama bagian ekstraknya.

Meski sangat jarang dimakan secara langsung, belimbing wuluh memiliki kandungan flavonoid, pectin, asam galat, asam ferulat, kalium oksalat, dan vitamin C yang tinggi.

Rasanya yang asam membuat belimbing wuluh lebih banyak dijadikan sebagai bumbu masakan dibanding dikonsumsi langsung oleh masyarakat.

Lalu, apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan?

Obat Darah Tinggi

Dilansir dari Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr. Setiawan Dalimarta menyatakan bahwa belimbing wuluh dapat mengobati darah tinggi. Hal ini disebabkan belimbing wuluh diperkaya kalium yang dapat mengontrol tekanan darah pada tubuh.

Cara pengolahan belimbing wuluh untuk obat darah tinggi pun mudah. Cukup siapkan tiga buah belimbing wuluh kemudian rebus dengan empat gelas air. Setelah dingin, air belimbing wuluh diminum sebanyak satu kali sehari.

Obat batuk

Dilansir dari berbagai sumber, belimbing wuluh juga efektif untuk mengobati batuk. Cukup gunakan bunga dan daun belimbing wuluh yang direbus dengan air selama ½ jam untuk dikonsumsi.dua kali sehari.

 

Diabetes

Daun belimbing wuluh dapat dimanfaatkan untuk pengobatan diabetes melitus.

Rebus tiga genggam daun belimbing wuluh dengan air secukupnya kemudian saring dan dinginkan. Minum air rebusan daun belimbing wuluh dua kali sehari, yakni pagi dan sore.

Sebagaimana dilansir dari Jurnal Majority edisi Februari 2016, belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai obat jerawat karena kandungan flavonoid, tannin, triterpenoid, dan saponin yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri pada jerawat.

Untuk penggunaan obat herbal belimbing wuluh pada jerawat yaitu cukup parut belimbing wuluh kemudian tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Penjelasan di atas merupakan manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan. Hampir sebagian besar bagian tanaman dari belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai obat, mulai dari akar, batang, daun, buah, dan bunga. #tempo

Berita ini sudah terbit di https://joglosemarnews.com/2021/07/belimbing-wuluh-buah-rasa-asam-kaya-manfaat-bagi-kesehatan/