GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Sebanyak 104 Warga Mertoyudan Magelang Terpapar Covid-19

Ilustrasi Covid-19

MAGELANG, GROBOGAN.NEWSLonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang masih terjadi.

Pada Rabu (7/7/2021) kemarin, tercatat sebanyak 104 warga Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Total hari Rabu kemarin ada tambahan 576 pasien terkonfirmasi.

Penambahan sebanyak ini, merupakan bagian dari keberhasilan dari tracing dan testing yang dilakukan Pemkab Magelang melalui Dinas Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.

“Jangan resah dan panik namun tetap waspada, selalu hati-hati dan taati protokol kesehatan dengan sangat ketat,” terang Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

“Penambahan sebanyak ini, merupakan bagian dari pengendalian Covid-19, sesuai Intruksi Mendagri, Gubernur dan Bupati Magelang,” jelas dia.

“Dimana setiap hari, kami ditargetkan melakukan 2.793 testing hingga 20 Juli mendatang. Penambahan sebanyak ini, justru baik karena dapat ditemukannya kasus positif sehingga segera dilakukan penanganan covid dapat dikendalikan,” kata dia lebih lanjut.

Selain dari Mertoyudan, kata Nanda, penambahan pasien terkonfirmasi hari ini, juga berasal dari Tempuran 46, Srumbung 44, Muntilan 43, Secang 42, Borobudur 41 dan Mungkid 40 orang.

Kemudian ada 31 dari Bandongan, 27 dari Dukun, 26 orang dari Salam, Tegalrejo dan Ngluwar. Selain itu juga ada 24 dari Kajoran, Sawangan 22, Grabag 12, Windusari 10, Ngablak 7, dan Kaliangkrik 5 orang.

Hari ini juga ada tambahan tiga alih status meninggal terkonfirmasi, dari Mungkid, Kaliangkrik dan Secang.

Selain itu juga ada tambahan lima meninggal baru, dari Borobudur, Kajoran, Tegalrejo, Ngluwar dan Secang.

“Dengan tambahan ini, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi meninggal ada 472 orang,” jelasnya.

Meski demikian, lanjut Nanda, hari ini ada tambahan 159 pasien terkonfirmasi sembuh.

Terbanyak dari Kecamatan Mungkid 48 orang. Kemudian Tegalrejo 26, Mertoyudan 22, Borobudur 19, Tempuran 10, Srumbung 9 dan Sawangan 5 orang. Selain itu, juga ada empat orang dari Ngluwar dan tiga orang dari Bandongan serta Salam.

Ada dua orang juga dari Kajoran, Salaman, Grabag, Secang dan satu dari Windusari, serta Candimulyo.

Dengan tambahan ini, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi di Kabupaten Magelang mencapai 15.212 orang.

Terdiri dari 2.264 dalam penyembuhan, yakni 102 dirawat di sejumlah rumah sakit dan 2.162 isolasi mandiri. Kemudian 12.476 sembuh dan 472 meninggal.

“Dengan semakin banyaknya pasien terkonfirmasi, kami minta semua pihak untuk menegakkan protokol kesehatan dimanapun berada. Jangan lengah dan bepergian jika tidak penting. Tetap di rumah, pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan pakai sabun,” pesannya.

Sementara pasien suspek, hari ini ada tambahan 18 pasien baru. Namun ada tambahan 8 sembuh dan satu alih status terkonfirmasi, dari Kecamatan Srumbung.

Kemudian ada tambahan juga, yakni satu alih status terkonfirmasi meninggal, dari Borobudur.

“Kini jumlah kumulatifnya menjadi 2.341 pasien. Rinciannya 116 dirawat, 1.872 sembuh, 72 isolasi mandiri dan 281 selesai menjalani isolasi mandiri,” pungkasnya.RIS I LUS