GROBOGAN.NEWS Solo

Vaksinasi Covid-19 untuk Mahasiswa di UNS Surakarta Jadi Prioritas

Ilustrasi petugas medis melaksanakan Vaksinasi Covid-19. Ist

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar vakasinasi Covid-19 untuk mahasiswa.

Namun, tahapan vaksinasi untuk mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) serta Fakultas Ilmu Budaya dan Sekolah Vokasi (SV) UNS ditunda karena kendala ketercukupan vaksin Sinovac.

Vaksinasi yang mestinya digelar, Rabu (7/7/2021), ditunda pada hari Jumat (9/7/2021) mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

“Jadwal vaksinasinya memang ditunda,” ujar Fadhil, mahasiswa Fakultas Kedokteran, Rabu (7/7/2021).

Selanjutnya, untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sekolah Vokasi (SV), Fakultas Teknik (FT), Pascasarjana dan MENWA diundur menjadi Senin (12/7/2021) pukul 08.00-selesai.

Baca Juga :  Guru SMKN 1 Gondang, Sragen Meninggal Covid-19. Sekeluarga Juga Terpapar

Fadhil menjelaskan masing-masing fakultas mendapat kuota vaksin yang berbeda-beda, sesuai dengan jumlah mahasiswa.

Misalnya, Fakultas Ilmu Budaya mendapat kuota 250 orang, Sekolah Vokasi 500 orang dan Fakultas Seni Rupa dan Desain sebanyak 250 kuota.

Tiap harinya, UNS memberikan sebanyak 1.000 kuota kepada mahasiswa, dan dalam seminggu pemberian vaksin dilaksanakan tiga kali untuk fakultas yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Polemik TPA Tanggan, Sragen, Pihak DLH Segera Perbaiki Pengelolaan Sampah dan Limbah Tinja

Dikatakan, vaksinasi tersebut diberikan sebagai upaya untuk mempersiapkan rencana Pekuliahan Tatap muka (PTM). Khusus mahasiswa yang masih berada di luar Surakarta dan belum mendapatkan vaksin, diharapkan mau menerima vaksin.

“Vaksinasi ini akan terus dilanjutkan secara merata sampai tahap keempat, yaitu untuk FKIP, SV, FT dan Menwa,” ujarnya.

Untuk diketahui, vaksinasi yang berlangsung di auditorium Fakultas Kedokteran UNS itu merupakan kerja sama antara pihak UNS Surakarta dengan TNI. Vaksin tersebut diberikan kepada mahasiswa dibagi beberapa tahap per beberapa fakultas.

Baca Juga :  Setelah Hujat Pemerintah dan Tobat, Kades Jenar Ditunjuk Jadi Duta Vaksin Kabupaten Sragen

Pertama kali, vaksin diberikan kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran, yang tahap berikutnya disusul mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Matematika (FMIPA), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Keolahragaan (FKOR).

Dijelaskan, mahasiswa yang mengikuti program vaksinasi tersebut wajib mengisi google form. Sementara di akhir, mereka akan mendapatkan link untuk masuk ke dalam grup telegram. Inasya Salma Nabila