GROBOGAN.NEWS Solo

Innalillahi wa innailaihi rojiun.., Dalang Kondang dari Karanganyar Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia

Ilustrasi. Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono (kanan) bersama Ilyas Akbar Almadani (kiri) Ketua DPD golkar Karanganyar dalam suatu kegiatan. Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, GROBOGAN.NEWS-Innalillahi wainna ilaihi rojiun.

Sampun kapundut wonten ngarsanipun Gusti Allah SWT, Bp. Ki H manteb soedarsono (dalang manteb) Pukul 09.45 WIB.” Kabar duka itu diterima redaksi sekitar pukul 10.30 WIB.

Redaksi JOGLOSEMARNEWS.COM yang mencoba mengkonfirmasi informasi tersebut ke sejumlah kerabat dan sahabatnya, membenarkan kabar Ki Manteb Sudharsono sudah dipanggil Yang Maha Kuasa.

Baca Juga :  Setelah Bertikai dan Rusakkan 2 Rumah, Puluhan Pendekar dari 2 Perguruan Silat di Sragen Ini Kerja Bakti Lakukan Perbaikan dengan Dikawal Kapolres

“Iya betul, saya sudah dapat kabar dari kerabat beliau. Semoga beliau husnul khotimah. Saya turut mendoakan seluruh amal ibadahnya diterima Allah SWT,” ungkap Begog D Winarso, sahabat Ki Manteb Sudharsono yang juga menulis biografi tentang Dalang Oye tersebut ketika dikonfirmasi JOGLOSEMARNEWS.COM, Jumat (2/7/2021).

Ki Manteb Sudharsono lahir di Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng pada 31 Agustus 1948. Almarhum meninggal dunia di usia 72 tahun.

Baca Juga :  144 Lansia di Tanon Sragen Antusias Ikuti  Vaksinasi Covid-19, Bahkan Ada yang Sampai Dibopong Satgas

Informasi yang dihimpun, jenazah rencananya akan dimakamkan hari ini juga di pemakaman keluarga.

Saat ini sedang dilakukan persiapan dan rapat keluarga untuk terkait pemakaman.

Petugas dari BPBD daan PMI Karanganyar dikerahkan untuk prosesi pemakaman.

Baca Juga :  Tak Tega Lihat Seorang Nenek Histeris Dengar Bansosnya Diblokir Jika Belum Vaksin, Bupati Sragen Batalkan Rencana Pemblokiran

Dalam kiprahnya di dunia pewayangan, Ki Manteb juga dikenal sebagai dalang ruwat. Dia sering diminta menjadi dalang ruwat dalam berbagai kesempatan.

Karena terkenal dengan keterampilan sabetannya dalam memainkan wayang, maka para penggemarnya menjuliki Ki Manteb dengan sebutan Dalang Setan.

Ki Manteb juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedhalangan dengan peralatan musik modern.(ASA)