GROBOGAN.NEWS Solo

Warga Dinilai Mulai Abai Prokes, Pemkot Solo Akan Galakkan Lagi Tes Swab di Tempat

Ilustrasi : Sebanyak 260 personel Polres Grobogan mengikuti swab antigen yang langsung dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Grobogan. Pelaksanaan tes swab ini dilangsungkan secara bertahap di Barak Dalmas Mapolres Grobogan, Senin (14/12) siang. Foto : Istimewa

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali akan menggalakkan program swab di tempat bagi pelanggar protokol kesehatan (prokes).

Hal itu dilakukan melihat kondisi saat ini dimana warga mulai abai menerapkan prokes.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku menerima masukan untuk menggencarkan kembali swab di tempat bagi lokasi pelanggar Prokes. Menurut Gibran, hal itu akan dilakukan di lokasi-lokasi berpotensi kerumunan.

Baca Juga :  Heboh, Seorang Pria Berusia 58 Tahun Wafat Usai Larung Pusaka Miliknya di Sungai Bengawan Solo

“Tadi dari Satpol PP merekomendasikan untuk kembali melakukan swab di tempat. Dilakukan di tempat-tempat yang berpotensi kerumunan, salah satunya di Alun-akun kidul. Disana banyak yang gak bermasker, lepas masker dan banyak anak kecilnya,” paparnya, Senin (31/5/2021).

Sementara itu, Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan menuturkan, pihaknya telah melaporkan sejumlah titik di Kota Solo yang berpotensi menciptakan kerumunan. Baik itu di ruang publik maupun di ruang pertemuan.

Baca Juga :  35 Santri Ponpes di Cepogo Boyolali Kena Virus Corona setelah Petinggi Ponpes Terima Tiga Tamu dari Kudus

“Nanti yang tidak menerapkan prokes, akan kita lakukan swab di tempat. Selama ini juga sudah dilakukan seperti itu, terus kemudian ada pelonggaran-pelonggaran regulasi dari Pemkot, itu harus diikuti dengan pengawasan yang ketat,” terangnya.

Arif menambahkan, sebelumnya pelanggar Prokes selalu diberikan sanksi sosial sesuai dengan surat edaran (SE) Wali Kota Solo yang berlaku.

Baca Juga :  Proyek Tol Solo-Yogya Mulai Digarap, Warga Masih Tunggu Pencairan Ganti Rugi

“Dan sesuai SE juga, pemberlakuan swab ditempat ditegakkan. Kalau sanksi sosial, seperti membersihkan lingkungan,” ujarnya.

Di sisi lain, beberapa lokasi yang telah diterapkan swab di tempat yaitu diantaranya di pusat perbelanjaan, di gedung pertemuan, serta di ruang publik.

“Termasuk di Alkid itu jadi sasaran kita. Karena kita maunya warga menerapkan prokes atas kesadaran mereka sendiri,” tukasnya. Prihatsari