GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron Tak Jawab 3 Pertanyaan Komnas HAM Ini

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam / tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Di depan Komnas HAM pada Kamis (17/6/2021), Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron  tidak bisa menjawab tiga butir pertanyaan dari penanya terkait tes wawasan kebangsaan (TWK).

Karena itu, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam berharap Pimpinan Komisi Pembetantasan Korupsi (KPK) yang lain bisa memenuhi panggilan pemeriksaan.

Dikatakan, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron tidak bisa menjawab tiga klaster pertanyaan Komnas HAM, karena memang bukan ranahnya.

Baca Juga :  Ivermectin Jadi Buruan Masyarakat Tanpa Resep Dokter, PT Harsen Minta Maaf

Saat itu, Ghufron datang mewakili pimpinan KPK  memberi keterangan ihwal tes wawasan kebangsaan (TWK) kepada sejumlah pegawai KPK.

“Pertama, terkait pengambilan kebijakan di level besar yang itu kita telusuri apakah ini wilayah kolektif kolegial atau tidak. Dan ternyata dia (Nurul Ghufron) jawab tidak tahu,” kata Anam.

Menurut Anam pertanyaan itu hanya bisa dijawab oleh pimpinan KPK yang terlibat langsung. Meski Komnas HAM mengakui bahwa kepemimpinan di KPK bersifat kolektif kolegial, namun pertanyaan ini disebut Anam dalam ranah tersebut.

Baca Juga :  Kasus Obat Invermectin, ICW Endus Adanya Indikasi Keruk Keuntungan di Masa Pandemi Covid-19

“Berikutnya terkait sangat berpengaruh soal pemilihan yang mewarnai proses ini semua, ini itu juga tidak bisa dijwab, karena memang bukan ranah Nurul Ghufron,” kata Anam.

Pertanyaan lain yang tak dijawab Ghufron terkait pencetus ide TWK. Anam berujar ide ini bukan berasal dari Ghufron sendiri. Karena itu, Anam mengatakan tak ada jawaban yang bisa diambil dari Ghufron.

Baca Juga :  Pegawai KPK yang Masih Dapat Dibina, Ternyata Emoh Ikuti Diklat Bela Negara

Anam menuturkan banyak kontruksi pertanyaan Komnas HAM yang bukan wilayah kolektif kolegial. Pertanyaan itu ada di wilayah yang sifatnya kontribusi para pimpinan atau per individu.

Karena itu, ia berharap pimpinan KPK lain selain Ghufron dapat memenuhi panggilan Komnas dan tak mewakilkan pemeriksaan. “Kami memberikan kesempatan kepada pimpinan yang lain untuk datang ke Komnas HAM untuk memberikan klarifikasi,” kata Anam. Redaksi

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/06/ada-3-pertanyaan-krusial-tak-bisa-dijawab-nurul-ghufron-komnas-ham-berharap-pimpinan-kpk-yang-lain-penuhi-panggilan-pemeriksaan/