GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Tjahjo Kumolo Bantah Pemerintah Bakal Hapus Dewan Pers, Komisi Informasi dan KPI

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.  Dok. Kemenpan-RB

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo membantah  kabar yang menyebutkan pemeritah hendak menghapus Dewan Pers, Komisi Informasi dan KPI.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya kabar yang beredar, pemerintah bakal  membubarkan tiga lembaga negara.

Ketiga lembaga yang disebut-sebut akan dibubarkan itu adalah Dewan Pers, Komisi Informasi, dan Komisi Penyiaran.

“Tidak pernah menyebut lembaga, apalagi dewan pers lembaga penting dan harus ada,” kata Tjahjo kepada Tempo pada Rabu (9/6/2021).

Sebelumnya, di salah satu kolom opini di sebuah media disebutkan Menteri Tjahjo akan membubarkan Lembaga Negara Nonstruktural. Penulis kolom itu menduga lembaga yang akan dibubarkan adalah Dewan Pers, Komisi Informasi, dan Komisi Penyiaran.

Tjahjo menuturkan memang menyebut soal perampingan atau integrasi saat rapat kerja dengan Komisi II DPR pada Selasa, 8 Juni 2021. Namun, kata dia, yang dimaksud adalah menggabungkan posisi eselon di bawah kementerian.

“Misal di Kementerian Dalam Negeri ada badan yg menampung 3 eselon 1 maka bisa diintegrasikan dengan eselon I kementerian, tapi karena UU bukan maka prosesnya harus kajian bersama DPR,” kata Tjahjo Kumolo. Redaksi

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/06/kabar-pemerintah-bakal-hapus-dewan-pers-komisi-informasi-dan-kpi-bikin-gerah-ini-bantahan-menteri-tjahjo-kumolo/