GROBOGAN.NEWS Grobogan

Tinjau Penanganan Pandemi Covid-19 di Grobogan, Panglima TNI Minta Tes PCR Digencarkan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Kepala BNPB Ganip Warsito dan Gubenur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Grobogan, Minggu (6/6/2021).

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Penanganan pandemi virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Grobogan menjadi perhatian Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Bersama Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito melaksanakan tinjauan ke Kabupaten Grobogan. Turut mendampingi, Panglima TNI dan Kapolri, Kepala BNPB Ganip Warsito dan Gubenur Jateng Ganjar Pranowo.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E., Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K, Forkopimda Kabupaten Grobogan serta Para Pejabat Utama TNI dan Polri.

Baca Juga :  Sebelum Ditemukan Tewas di Aliran Sungai Lusi, Seorang Warga Asal Desa Kedungrejo Purwodadi Telah Menderita Pikun

Di Grobogan, rombongan menggelar rapat terkait penanganan Covid-19, Minggu (6/6/2021).

Rapat terbatas dengan Pemerintah Daerah dihadiri juga oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Grobogan Sri Sumarni. Panglima TNI menyampaikan bahwa saat ini Grobogan juga mengalami peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup signifikan.

Kepada para awak media, Hadi Tjahjanto mengatakan beberapa arahan kepada jajaran TNI-Polri dan Forkopimda Kabupaten Grobogan terkait penanganan Pandemi Covid-19.

“Saya tekankan agar TNI-Polri dan Forkopimda untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi PPKM Skala Mikro yang telah berlajan hingga saat ini,” ujar Panglima TNI.

Lebih lanjut, Panglima TNI menyampaikan, dengan adanya lonjakan kasus Positif Covid-19, tentunya TNI-Polri akan memperkuat personel agar dapat membantu pelaksanaan tugas di lapangan.

Baca Juga :  Kepatuhan Warga Ikuti Ketentuan Kebijakan Grobogan Satu Hari di Rumah Saja Diapresiasi

“Saya berharap, Kabupaten Grobogan dapat meningkatkan kemampuan uji PCR agar kasus konfirmasi dapat diketahui dan mempercepat memutus rantai penularan,” jelas Panglima TNI.

Hadi juga memerintahkan jajaran TNI-Polri agar mengerahkan segenap kekuatan untuk mendukung Pemerintah, dan juga diharapkan Kabupaten Grobogan dapat meningkatkan dukungan Rumah Sakit dan Tenaga kesehatan yang juga dibantu TNI-Polri.

Data yang dilaporkan harus merupakan data nyata di lapangan, tegakan terus disiplin protokol kesehatan, laksanakan penyekatan mobilitas untuk mencegah terjadinya penyebaran termasuk dari luar wilayah Kabupaten Grobogan,” ucap Hadi yang juga mengingkatkan untuk pelaksanaan Vaksinasi terutama bagi lansia.

Baca Juga :  Grobogan di Rumah Saja Jilid II, Penyekatan di Area Perbatasan Digencarkan, Penyemprotan Disinfektan Digelar Serentak

Usai melaksanakan rapat, Panglima TNI meninjau pelaksanaan vaksinasi di RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Kabupaten Grobogan yang diikuti oleh 500 orang, dibagi dalam 5 gelombang. Tim Vaksinator RSUD 21 orang, TNI 8, Polri 8 dan Pemda 8 atau jika ditotal 45 vaksinator.

Dalam peninjauan vaksinasi, Panglima TNI menyampaikan agar terus melaksanakan disiplin protokol kesehatan dan jangan lupa menggunakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Karena walau telah divaksin, bukan berarti kebal terhadap Covid-19.