GROBOGAN.NEWS Demak

Sistem Keamanan Sistem Informasi Harus Diperkuat, Mengapa?

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Endah Cahyarini pada sosialisasi keamanan informasi dan manajemen risiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada kepala OPD, kabag, dan camat se-Kabupaten Demak di Gedung Grhadika Bina Praja, beberapa waktu lalu. Ist

DEMAK, GROBOGAN.NEWS– Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Endah Cahyarini menegaskan, bahwa keamanan Informasi menjadi hal yang sangat vital.

“Dengan terjaganya keamanan informasi dapat mencegah ancaman yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya kebocoran informasi dan akan berdampak pada terganggunya fungsi pemerintah,” terang Endah pada sosialisasi keamanan informasi dan manajemen risiko Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kepada kepala OPD, kabag, dan camat se-Kabupaten Demak di Gedung Grhadika Bina Praja, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dibutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi informasi komunikasi, kebijakan, persandian, dan keamanan informasi, serta meningkatkan kesadaran tentang security awareness dalam penyelenggaran pengamanan informasi di perangkat daerah.

Untuk itu, lanjutnya, para pimpinan OPD diharapkan dapat memikirkan perlindungan terhadap data yang ada di masing masing OPD, sehingga dapat lebih menjamin keasliannya.

“Data dan informasi harus diamankan, dan hanya orang orang tertentu yang memiliki hak akses tersebut. Bagaimana kita harus dapat menjaga otentikasi data tersebut, meskipun telah diakses atau didownload oleh siapapun, data tersebut tetap otentik sebagaimana aslinya,” terang Endah.

Ditambahkan, di sisi lain, juga diperlukan manajemen risiko SPBE yang bertujuan untuk memberikan dasar yang kuat dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, meningkatkan optimalisasi pemanfaatan sumber daya SPBE, meningkatkan kepatuhan kepada peraturan dalam penerapan SPBE, dan menciptakan budaya sadar risiko SPBE bagi pegawai ASN.

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, sebagaimana dalam program unggulan Pemerintah Kabupaten Demak, yaitu peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis smart city, diharapkan semua kepala OPD dapat mengelola data dan informasi yang dimiliki dengan baik.

“Pengelolaan dan pengamanan yang baik terhadap data informasi, merupakan faktor pendukung dalam menentukan tindakan terbaik organisasinya,” kata Eisti.

Pada kesempatan itu, bupati mengajak para pemangku kepentingan untuk terus bersinergi menjadikan Demak lebih baik lagi, lebih bermartabat, maju dan sejahtera.FDA