GROBOGAN.NEWS Kudus

Selesai Isolasi Terpusat di Asrama Haji Donohudan 307 Warga Kudus Dipulangkan, 3 Warga Wafat saat Jalani Isolasi Terpusat   

Ilustrasi : Bupati Kudus Hartopo saat melepas warganya untuk menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Ist

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Satu orang warga Kabupaten Kudus yang menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali dilaporkan meninggal dunia.

Kini, jumlah warga Kudus yang wafat saat menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan berjumlah tiga orang.

“Iya, benar yang meninggal dunia adalah warga Loram Kulon dan telah dirujuk ke rumah sakit,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo, Minggu (20/6/2021).

Dijelaskan oleh Badai lebih detail, satu orang warga Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus tersebut seorang pria yang telah berusia 54 tahun.

“Jenazah tengah proses dipulangkan ke Kudus dan dilakukan pemakaman sesuai jadwal,” imbuh dia.

307 Warga Diizinkan Pulang

Sementara itu, Badai juga mengungkapkan, sebanyak 307 warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, telah selesai menjalani isolasi. Mereka dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan dipulangkan dari Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali.

“Dari jumlah penghuni Asrama Haji Donohudan yang dipulangkan hari ini memang ada yang tes usap tenggorokan PCR-nya negatif sehingga dipulangkan.

Serta ada yang sudah melewati masa isolasi selama 14 hari tanpa ada gejala dan keluhan apa pun sehingga dipulangkan,” terang Badai.

Badai juga membenarkan ada dua orang yang menurut hasil pemeriksaan belum bebas dari infeksi virus corona yang terpaksa dipulangkan ke Kudus.

Alasannya karena anggota keluarga mereka sudah sembuh dan boleh pulang.

Menurut dia, pemulangan kedua orang itu dilakukan menggunakan kendaraan tersendiri, terpisah dari warga yang sudah dipastikan sembuh dari Covid-19.

“Setelah tiba di Kudus keduanya langsung melanjutkan proses isolasi di Rusunawa Bakalan Krapyak karena sudah tidak mengalami gejala sakit dan masa karantinanya selesai,” imbuh dia.NOR