GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Percepatan Vaksinasi Massal Jadi Prioritas, Sebanyak 11.906 Guru Telah Divaksin Covid-19

Ilustrasi. Proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung. Ist

TEMANGGUNG, GROBOGAN.NEWS-Program percepatan vaksinasi massal di Kabupaten Temanggung menjadi program prioritas.

Sejumlah 11.906 guru dan tenaga pendidik yang ada di wilayah Kabupaten Temanggung, telah menerima vaksinasi Covid-19.

Jumlah itu telah mencapai lebih dari 80 persen target vaksinasi untuk kalangan pendidik sebagai persiapan dari rencana pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo menyebutkan, berdasarkan laporan yang diterimanya dari Satgas Covid-19, secara keseluruhan ada 12.314 orang guru dan tenaga pendidik ditarget menerima vaksinasi Covid-19. Dari jumlah itu, hingga Hari Minggu (20/6/2021) telah tercapai vaksinasi untuk 11.906 guru dan tenaga pendidik.

“Dengan demikian, Temanggung sudah siap melaksanakan PTM. Hanya tinggal menunggu keputusan pusat apakah akan diperbolehkan atau tidak, mengingat kenaikan angka Covid-19 belakangan ini,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Sebelumnya, Wabup Temanggung telah memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Dharmorini Temanggung.

Di Puskesmas tersebut sedianya akan divaksin 208 guru dari SD, PAUD, TK, dan Pengasuh Pondok Pesantren.

Sejauh ini proses vaksinasi tenaga pendidik terbilang lancar. Tidak didapati temuan adanya efek samping pasca vaksinasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Temanggung Andrie Arfianto mengatakan, PTM direncanakan akan dimulai Juli.

Sebelum itu Pemkab Temanggung akan mengupayakan proses vaksinasi guru dan tenaga pendidik selesai sebelum Juli. Pihaknya juga akan mengevaluasi pelaksanaan ujicoba PTM yang sudah dilakukan.

“Persiapan lainnya sudah ada sarana dan prasarana (sarpras) protokol kesehatan di tiap sekolah sejak enam bulan terakhir. Tapi juga akan kita cek lagi kesiapannya kalau ada sarpras yang rusak,” katanya.LUS