GROBOGAN.NEWS Umum

Penumpang Pesawat Sumringah Merasakan Pendaratan Perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyambut pilot pesawat Citilink jenis ATR-72 berhasil mendarat di Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021) pagi. Ist

PURBALINGGA, GROBOGAN.NEWS-Pesawat Citilink jenis ATR-72 berhasil mendarat di Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021) pagi.

Pendaratan ini merupakan pertama kalinya dilakukan pesawat komersial sejak diresmikan sebagai bandara komersil.

Para penumpang pun tampak sumringah saat keluar dari pesawat. Bagaimana tidak, para penumpang yang mayoritas berasal dari Purbalingga ini merupakan penumpang komersil pertama yang mendarat di bandara baru itu.

Pesawat Citilink jenis ATR-72 berhasil landing dengan mulus di bandara itu dengan membawa 34 orang penumpang dari Bandara Juanda Surabaya.

Pendaratan perdana itu begitu spesial karena para kru pesawat dan penumpang disambut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Saat turun dari pesawat, pilot dan perwakilan penumpang bahkan mendapat kalungan bunga dari Ganjar dan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi.

“Senang sekali dengan sambutan ini. Sangat meriah,” kata pilot Citilink, Valerie Victor.

Valerie mengatakan, secara keseluruhan tidak ada kendala saat mendaratkan pesawat di bandara baru itu. Cuaca di sekitar bandara juga bagus dan sangat mendukung.

“Bandaranya sudah bagus, sudah layak semuanya. Dari segi teknis untuk landing dan take off sudah sangat bagus. Tidak ada kekurangan, bagus karena tadi semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Valerie berharap penerbangan di bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga ke depannya semakin ramai. Tidak hanya Citilink, sejumlah maskapai lain juga bisa memberikan pelayanan di bandara ini.

“Semoga makin ramai, semua frekuensi penerbangan semakin banyak di sini,” pungkasnya.

Sementara itu, GM Angkasa Pura Kantor Cabang Bandara JB Soedirman, Catur Sudarmono mengatakan, penerbangan komersial perdana di bandara itu berjalan normal dan bagus. Pesawat Citilink yang berangkat dari Juanda Surabaya berhasil mendarat dengan baik pada pukul 10.30 WIB.

“Informasi dari Airnav juga cuaca bagus, feasibility-nya juga bagus. Jadi lancar semuanya,” ucapnya.

Catur menerangkan, setelah dibuka secara komersial, maka ke depan dipastikan akan banyak lagi maskapai yang melayani penerbangan ke bandara ini. Sudah ada beberapa maskapai yang berminat, namun belum mengajukan secara resmi.

“Kemarin Wings Air sudah berminat, tapi baru lisan dan belum resmi. Mungkin nanti dalam waktu dekat, sambil melihat animo penumpang yang ada di sini,” pungkasnya.Arya