GROBOGAN.NEWS Grobogan

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau  Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Grobogan, Penerapan Kebijakan PPKM Mikro Dipertegas

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Kepala BNPB Ganip Warsito dan Gubenur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau penanganan pandemi Covid-19 di Grobogan, Minggu (6/6/2021).

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Grobogan ditinjau langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit, Minggu (6/6/2021).

Turut mendampingi, Panglima TNI dan Kapolri, Kepala BNPB Ganip Warsito dan Gubenur Jateng Ganjar Pranowo.

Hadir mendampingi dalam kunjungan tersebut, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, Pandam IV Kodam Diponegoro Mayjend TNI Rudianto, pejabat utama Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro, mendampingi Panglima TNI dan Kapolri usai mengecek Kabupaten Kudus yang terdampak Covid 19.

Kunjungan kerja para pejabat Republik Indonesia diterima secara langsung oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni bersama Wakil Bupati Grobogan, Bambang Pujiyanto.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Grobogan Moch. Sumarsono bersama jajaran pejabat Pemkab Grobogan.

Dalam pemaparannya, Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan, beberapa hari ini TNI Polri melakukan peninjauan di jawa tengah terkait Covid-19 di Kudus. Karena efeknya bagi wilayah wilayah di perbatasaan dengan Kabupaten Kudus yang terdampak Covid-19 ini.

“Kita sudah meninjau di beberapa daerah Kabupaten yang ada di jawa tengah, diantaranya, Cilacap, Pati Kudus, Blora dan Grobogan. Untuk diwilayah kudus dengan melakukann langkah langkah dengan menambah personil PPKM Mikro dengan kekuatan TNI Polri,” jelas Kapolri.

Penambahan ini, kata Kapolri, Untuk melakukan tracking dan juga yang sudah dilakukan tracking, kemudian dilakukan pemeriksaan lanjutan VCR.

“Saat ini angkanya sudah demikian tinggi, untuk itu yang melakukan isolasi mandiri di rumah, mulai hari ini akan dilakukan evakuasi di Asrama Haji Donoyudan, di Kabupaten Boyolali,” terang dia.

“Karena disana salah satu sentral rujukan isolasi mandiri yang sudah kita siapkan tenaga kesehatan dan pengobatan. Kemudian secara bertahap, untuk  tempat tempat rujukan yang ada diwilayah kudus, juga kita persiapkan, sehingga kemudian ada dua wilayah yang sudah kita persiapkan, yaitu wilayah Kudus dan Donoyudan,” kata Sigit.

Selanjutnya, Sigit menambahkan, untuk wilayah perbatasan, saat ini angkanya masih cukup bagus, namun situasi Kudus harus bisa dikendalikan, jangan sampai berkembang hingga kemana mana. Oleh karena itu, harus diperkuat lagi edukasi 5M, PPKM Mikro, kepatuhan terhadap penggunaan masker, hal itu harus diingatkan kepada masyarakat.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Kepala BNPB Ganip Warsito dan Gubenur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Grobogan, Minggu (6/6/2021).

Sementara itu, Panglima TNI MAserkal Hadi Tjahjanto, menyampaikan, permasalahan Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah, TNI ataupun Polri saja. Tetapi hal ini menjadi tanggung jawab bersama dalam memutus mata rantai Covid-19.

Dikatakan oleh Hadi lebih detail, saat ini pemerintah, TNI dan Polri membutuhkan peran serta masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Minimal, kata dia, semua saling mengingatkan untuk disiplin terhadap protokol kesehatan yaitu 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan).

“Dengan cara pola berjalan sesuai dengan arah, pertama untuk menyehatkan situasi, kedua memberikan wawasan kepada masyarakat, ketiga PPKM Mikro harus lebih maksimal dalam penangan Covid-19 di Kudus dan Grobogan ini,” ungkapnya.Arya