GROBOGAN.NEWS Solo

Info Penting!  Razia Motor dengan Knalpot Brong Digencarkan, 17 Sepeda Motor di Sukoharjo Terjaring Razia

Satlantas Polres Sukoharjo menggelar kendaraan dengan razia knalpot brong di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sabtu (5/6/2021) malam. Ist

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS– Masyarakat khususnya generasi muda memang tidak dilarang untuk memodifikasi motor.

Namun, saat modifikasi motor harus sesuai dengan standar dan tidak melarang aturan kepolisian.

Beberapa larangan penggunaan komponen oleh kepolisian salah satunya adalah knalpot brong atau racing. Knalpot yang menyeburkan suara bising ini memang dilarang berdasarkan Undang-undang.

Di Kabupaten Sukoharjo, penggunaan knalpot brong dengan suara bising masih marak. Untuk itu, Satlantas Polres Sukoharjo menggelar razia di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Sabtu (5/6/2021) malam.

Baca Juga :  UNS Solo Berduka, Tiga Dosen Wafat Akibat Kena Corona, Kampus “Dilockdown” selama 7 Hari

Dalam razia tersebut, belasan motor yang menggunakan knalpot brong dimankan.

“Saat ini masih banyak masyarakat yang menggunakan knalpot brong yang bising sehingga sering dikeluhkan masyarakat lainnya. Untuk itulah kami menggelar razia knalpot brong ini,” ungkap Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramoda Wardhana, Minggu (6/6/2021).

Dikatakan AKP Heldan lebih lanjut, pengguna knalpot brong tersebut rata-rata remaja. Dalam razia tersebut, sebanyak 17 sepeda motor berknalpot brong diamankan.

Baca Juga :  Di Sragen, 2 Warga Meninggal Terpapar Covid-19 dan 40 Orang Demam dan Sakit dengan Indikasi Mengarah Covid-19

AKP Heldan juga mengatakan, dalam kesempatan itu petugas sekaligus melakukan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan dimana terjaring 22 warga tanpa dilengkapi surat kendaraan berupa STNK dan lima tidak membawa SIM.

AKP Heldan kembali mengatakan, untuk warga yang terjaring menggunakan knalpot brong pada motornya, langsung diminta untuk menggantinya.

Namun, motor dengan knalpot brong disita terlebih dahulu. Nantinya, pemilik saat mengambilnya harus mengganti dengan knalpot standar terlebih dahulu.

Baca Juga :  Kebut Program Vaksinasi, Polres Sragen Gelar Vaksinasi Massal di 20 Kecamatan

“Kami sita dan beri surat tilang, begitu juga yang tanpa dilengkapi surat kendaraan dan tidak bawa SIM,” ujar AKP Heldan.

Kasatlantas menambahkan, dengan razia tersebut diharapkan masyarakat tidak lagi menggunakan knalpot brong karena bising dan menggangu masyarakat lainnya.

Menurutnya, razia serupa akan terus dilakukan petugas ke depannya.Arya