GROBOGAN.NEWS Kudus

Hartopo Apresiasi Adanya Posko Isolasi Terpadu

Ilustrasi. Bupati Kudus HM. Hartopo. Ist

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Bupati Kudus HM Hartopo meminta pihak pemerintah desa terus diminta menyiapkan dan mengoptimalkan tempat isolasi terpusat bagi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala.

Menurut Hartopo, hal itu untuk mengurangi penularan virus di lingkungan setempat.

Dia mengapresiasi pemerintah desa yang telah menyiapkan posko isolasi terpadu bagi warganya, dengan memanfaatkan kios yang ada di Pasar Desa Jati Kulon.

“Sangat apresiasi sekali pada langkah yang dilakukan Pemdes Jati kulon dengan memanfaatkan pasar ini. Tempatnya juga bagus, terawat, dan bersih, serta terdapat halaman luas untuk berjemur dan berolahraga,” jelas bupati.

Bupati berpesan, sebisa mungkin jika ada warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19, dioptimalkan diisolasi di tempat yang disediakan di desa.

Sehingga, tidak perlu dibawa ke rusunawa ketika menjalani isolasi, mengingat di tempat tersebut juga hampir penuh.

Pada kesempatan itu, Hartopo menyempatkan diri untuk menyapa warganya yang tengah menjalani isolasi. Tak lupa, dirinya menguatkan dan memberi motivasi bagi para pasien.

“Pesan saya, fokus pada kesembuhan diri,  dengan cara dibuat happy selama di sini. Ikuti anjuran dari petugas yang menangani. Sempatkan waktu buat olahraga nggih pak, semoga lekas membaik,” katanya.

Sehari sebelumnya, Kamis (24/6/2021), Hartopo meninjau tempat isolasi Rusunawa Bakalankrapyak. Disampaikan, pelayanan untuk para warga telah sesuai prosedur. Pos BPBD yang berada di depan Rusunawa selalu siap siaga untuk memeriksa administrasi warga. Setiap kedatangan dan kepulangan, surat dan kelengkapan lainnya dicek terlebih dahulu.

“Petugas harus selalu siaga untuk mengecek kelengkapan administrasi warga,” paparnya.

Petugas skrining pun juga dinilai sigap. Setiap warga yang datang langsung diperiksa, untuk selanjutnya diputuskan untuk melaksanakan isolasi.

Pada kunjungannya, bupati menyempatkan menyapa dan memberikan dukungan kepada petugas skrining yang berasal dari berbagai klinik di Kudus.

“Selamat bertugas mbak. Tetap semangat. Jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat,” ujarnya.

Kemudian, bupati melanjutkan kunjungannya ke tempat isolasi di SD 4 Gondangmanis. Pihaknya menilai, lokasi tersebut siap untuk menampung warga orang tanpa gejala Covid-19. Sarana dan prasarana pun sudah memadai.

Hartopo meminta, agar camat maupun kepala desa segera memusatkan warga yang isolasi mandiri ke tempat isolasi SD 4 Gondangmanis.

“Ini sudah siap ditempati. Mangga untuk memusatkan warga yang masih isolasi mandiri di rumah untuk ditempatkan ke sini,” ucapnya.NOR