GROBOGAN.NEWS Blora

Gubernur Ganjar Setuju Usulan Bandara Blora Dinamai Bandara Abdulrahmad Wahid  

Ilustrasi > Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ist

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan nama Bandara Ngloram Blora dinamai Bandara Abdurrahman Wahid, Presiden ke-4 Republik Indonesia.

Usulan tersebut disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja sekaligus cek penanganan Covid-19 di Blora.

Ganjar mengatakan, usulan penamaan Bandara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ini diutarakan oleh Bupati Blora, Arief Rokhman, di Pendapa Kabupaten Blora, Kamis (24/6/2021).

“Ini ada nama diusulkan oleh Bupati, Abdurrahman Wahid (atau) Gus Dur. Saya setuju,” tegas Ganjar.

Ganjar menegaskan soal penamaan, dirinya mendukung penuh usulan dari tuan rumah sebagai pemilik. Ganjar menyebut, soal pembebasan lahan yang dikerjakan oleh pemprov juga telah selesai.

“Dari pemprov sudah beres. Tinggal nunggu berita acara persiapan hibah. Jadi kita yang membebaskan sudah selesai semua, kita biayai, terus kita hibahkan. Nah itu drafnya udah ada, tinggal saya teken aja,” katanya.

Di sisi lain, gubernur juga berterima kasih karena Bupati Blora bergerak cepat dengan menghubungi maskapai penerbangan. Menurutnya, sudah ada dua yang akan tinggal landas di Bandara tersebut.

“Kita siapkan biar nanti bisa segera kita uji coba untuk operasional,  seperti yang di Purbalingga. Dan Pak Bupati juga sudah mengambil inisiatif bekerja sama dengan beberapa kabupaten, Bojonegoro, Tuban Rembang, nah nanti kita bicara skema-skema pembiayaan ini udah siap.

Termasuk bagaimana memenej detailnya, malah Pak Bupati sudah siapin lebih operasional lagi, mudah-mudahan ini bisa segera jalan,” jelasnya.

Progres pembangunan Bandara Ngloram, kata Ganjar, saat ini telah mencapai 85 persen untuk terminal.

Sedangkan untuk aksesnya baru dimulai. Namun, akses Bandara Ngloram diuntungkan karena dekat dengan stasiun kereta api.

“Kalau pembangunan terminal sudah 85 persen, jalan akses baru dimulai. Tapi kan beruntung itu karena belakangnya ada stasiun, sehingga nanti koneksinya ke kereta api,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pembangunan terminal Bandara Ngloram, di Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dikebut dan ditargetkan rampung pada 2021.

Bandara yang terletak di ujung timur Jateng itu diharapkan membuka aksesibilitas ke Blora dan sekitarnya,  serta mendongkrak ekonomi daerah.

Bandara Ngloram, yang tidak aktif selama 34 tahun, sebelumnya dikhususkan mendukung industri minyak dan gas di Cepu dan sekitarnya.

Pada 2018, aset milik Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral itu dialihkan ke Kementerian Perhubungan untuk dijadikan bandara umum.

Landas pacu bandara tersebut kini mencapai 1.500 meter, dengan lebar 30 meter.