GROBOGAN.NEWS Solo

Gibran Tegaskan Vaksinasi untuk Penyandang Disabilitas Jadi Prioritas

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah menerima kunjungan Staf Khusus Kepresidenan, Angkie Yudistia di kantornya, kemarin. Ist

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah menerima kunjungan Staf Khusus Kepresidenan, Angkie Yudistia di kantornya, kemarin. Kepada Gibran, Angkie sapaan akrabnya meminta dukungan Pemkot Surakarta agar memberikan prioritas vaksinasi bagi penyandang disabilitas.

“Sangat besar harapan kami bahwa teman disabilitas di berbagai daerah dapat dirangkul pemerintah daerah. Sesuai arahan kebijakan yang sudah disahkan oleh Bapak Presiden, bisa diimplementasikan sesuai tepat sasaran, dan manfaatnya dapat diterima dengan baik oleh penyandang disabilitas,” ujar Angkie, kemarin.

Dijelaskan oleh Angke lebih detail, selain koordinasi terkait prioritas vaksinasi bagi kelompok difabel, Angkie juga meminta dukungan Pemkot Surakarta terkait upaya pemulihan kesehatan dan layanan ramah disabilitas, serta pembentukan Komisi Nasional Disabilitas sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Tadi sudah dibicarakan, terdapat tiga prioritas yang sudah dibahas dengan Mas Gibran (wali kota). Pertama vaksinasi untuk penyandang disabilitas dapat prioritaskan,” terang dia.

“Kedua pemulihan kesehatan bersama-sama, bangkit, penyandang disabilitas dapat mengakses program-program pemerintah secara inklusif. Ketiga, pembentukan Komisi Nasional Disabilitas sebagai amanat Undang-undang No 8 Tahun 2016 dan peraturan Presiden terkait lembaga nasional,” jelasnya

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming memastikan, Pemkot Surakarta telah melakukan vaksinasi pada sebagian penyandang disabilitas di Kota Bengawan.

“Untuk vaksinasi disabilitas, di angka 100-an (orang) tapi ini berjalan terus, dan yang jelas ini termasuk prioritas. Kalau ada yang membutuhkan untuk dijemput akan kami jemput,” ujarnya.

Gibran juga menjelaskan, Kota Surakarta telah memiliki berbagai program dan layanan yang ramah disabilitas.

“Tadi sudah dipaparkan apa yang sudah kita lakukan di Solo. Solo dulu pernah menjadi tuan rumah (Olympic) Para Games, Solo sudah mempunyai layanan disabilitas, sudah cukup lengkap,” jelas dia.

“Sudah ada BBRSPDF (Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik) Prof dr Soeharso, NPC (National Paralympic Committee). Solo sudah friendly untuk disabilitas walaupun masih banyak kurangnya. Nanti dibantu Mba Angkie,” pungkas Gibran.RIs