GROBOGAN.NEWS Semarang

Covid-19 di Kendal Melonjak, Didominasi Klaster Perumahan  

Ilustrasi Covid-19

KENDAL, GROBOGAN.NEWS-Penularan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Kendal kembali melonjak. Salah satu klaster yang terdeteksi melonjak signifikan yakni klaster perumahan di perumahan Kaliwungu, Kendal.

Data yang berhasil dihimpun, sebelunya, ada 20 warga perumahan Kaliwungu terpapar Covid-19. Jumlahnya bertambah secara signifikan menjadi 55 orang berdasarkan hasil swab.

Data tersebut setelah petugas dari Puskesmas Kaliwungu, melakukan tracing dan testing kepada warga lainnya yang berada di Perumahan Griya Pantura Sarirejo tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay kepada para awak media mengungkapkan, saat ini tracing kepada kontak erat memang harus dilakukan secara masif untuk melihat siapa-siapa lagi yang kemungkinan tertular di Perumahan Griya Pantura Sarirejo tersebut.

“Salah satu fokusnya dengan melaksanakan n tracing kontak erat itu kita bisa segera memutus mata rantai penularan,” imbuh dia.

Sementara, Bidan Puskesmas Kaliwungu, Puji Lestari, saat dikonfirmasi awak media mengungkapkan, yang telah melakukan tes usap, hampir 90 warga yang menjalani tes tersebut positif terinfeksi Covid-19.

Ia menyebutkan, tes swab pertama kepada 37 warga, hasilnya 25 positif terpapar Covid-19. Selanjutnya, pada swab kedua sebanyak 37 warga, hasilnya sebanyak 30 warga hasil swab positif Covid-19.

“Saat ini petugas masih terus melakukan tracing dan tes usap kepada 400 lebih warga lagi, yang dilakukan sejak Kamis hingga Jumat kemarin. Hingga kini, tinggal menunggu hasil laboratorium,” terang dia.EKO