GROBOGAN.NEWS Umum Pantura

Bangunan Tempat Penyulingan Daun Cengkih di Batang Hangus Terbakar

Babinsa Sedayu Koramil Bandar Sertu Supriyono bersama petugas gabungan saat berupaya memadamkan api. Ist

BATANG, GROBOGAN.NEWS-Peristiwa kebakaran melanda sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat proses pengolahan dan penyulingan daun cengkih di Kabupaten Batang.

Ganasnya bara api menghanguskan tempat pengolahan dan penyulingan minyak daun cengkeh milik Mustakim (30) warga Dukuh Jetis, Desa Sedayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Kamis (24/06/2021).

Menurut keterangan Danramil 07/Bandar Kapten Cpm Joko Wahono, berdasarkan keterangan saksi, sekitar pukul 18.30 WIB, Musyarifah melaksanakan salat magrib melihat adanya kobaran api yang berada di sebelah rumah miliknya.

Selanjutnya pemilik bangunan keluar, melihat api sudah membesar membumbung tinggi.

Mengetahui adanya kebakaran, Mustakim, anak dari Musyarifah mencoba memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran dibantu warga sekitar menggunakan alat seadanya.

Namun kobaran api tidak bisa dipadamkan. Peristiwa tersebut langsung dilaporkan ke perangkat desa.

Oleh perangkat desa peristiwa tersebut langsung dilaporkan ke petugas pemadam kebakaran dan aparat kepolisian.

Tidak lama berselang, Babinsa Sedayu Sertu Supriyono setelah mendapat laporan dari warga adanya tragedi kebakaran, Ia langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk melakukan pemadaman api di TKP.

“Setelah tiba di lokasi, Babinsa Sertu Supriyono bersama tim Damkar dibantu warga sekitar berusaha memadamkan kobaran api. Api berhasil dipadamkan setengah jam kemudian dengan menggunakan 1 unit mobil Damkar,” jelasnya.

Ia menambahkan, peristiwa kebakaran terjadi diperkirakan disebabkan oleh sisa bara api yang digunakan dalam proses penyulingan sehingga menjadi pemicu kebakaran.

Dalam peristiwa tidak ada korban jiwa, namun mengalami kerugian materiil diperkirakan kurang lebih mencapai Rp80 juta.FDA