GROBOGAN.NEWS Grobogan

Kisah Bahagia Jamin Warga Penawangan Mendadak Didatangi Tamu Istimewa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Terendam Banjir Rumah Segera Diperbaiki  

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau kondisi rumah milik Jamin warga Duwari, Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan yang terendam banjir.

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Warga di Dusun Duwari, Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan mendapatkan tamu istimewa yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Kamis (17/6/2021) siang.

Di Dusun Duwari, orang nomor satu di Jawa Tengah ini telah menyambangi rumah dengan kondisi bangunannya memprihatinkan dan tak bisa ditinggali.

Rumah tersebut adalah milik Jamin.

Rumah berbentuk joglo tersebut tak lagi bisa ditinggali oleh Jamin dan keluarga lantaran terendam banjir.

Pandemi mengakibatkan penghasilan Jamin sebagai buruh tani tak menentu, dan tak bisa merenovasi rumahnya.

“Lha ini kok diisi air Pak rumahnya?”kata Ganjar saat menengok bagian dalam rumah yang terendam banjir.

“Banjir Pak, sudah sempat saya tinggikan, terus hujan lagi banjir lagi,” ujar Jamin.

Jamin mengaku, kondisi rumah mulai tak bisa ditinggalinya selama dua tahun terakhir. Selama dua tahun itu pula, Jamin secara bertahap melakukan renovasi.

“Nabung Pak, setiap habis kerja dapat uang itu terus dicicil. Tapi karena pandemi terus pendapatannya juga ikut nggak pasti, akhirnya berhenti. Baru sempat ninggiin pondasi,” ujarnya.

Ganjar pun meminta agar Dinas Perakim Jateng untuk membantu Jamin dengan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun, Ganjar meminta agar pengerjaannya gotong royong, menggerakkan warga Dusun Duwari.

“Lha njenengan terus tidurnya di mana? Ini nanti biar dibantu sama dinas saya, wargane isih kompak ora? Wis dibangun nggo kerik desa gugur gunung,” ujar Ganjar.

Mendengar itu, Jamin pun tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Jamin yang kini tinggal di rumah anaknya, berterima kasih pada bantuan rehabilitasi RTLH yang diberikan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau kondisi rumah milik Jamin warga Duwari, Pengkol, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan yang terendam banjir pada Kamis (17/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitipkan pesan agar warga setempat disiplin protokol kesehatan. Dia tak bosan mengingatkan warga agar tak melepas masker saat keluar rumah.

“Foto-foto entuk, ning aja cedak-cedak. Maskere dinggo wong durung sikatan (Foto-foto boleh asal tidak berdekatan. Maskernya dipakai karena belum sikat gigi),” seloroh Ganjar sembari pamit meninggalkan lokasi.ARY