GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

130 Pedagang Pasar Wage Purwokerto Dapat Bantuan Rp15 Juta Tiap Pedagang, Ganjar Berkomitmen Segera Bantu Bupati Bangun Bangunan Pasar yang Terbakar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi pedagang Pasar Wage Purwokerto yang terbakar pada September 2020 lalu, Kamis (10/6/2021). Ist

PURWOKERTO, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan kunjungan kerja di Purwokerto dan sejumlah wilayah Kabupaten Banyumas, Kamis (10/6/2021).

Di Purwokerto, Ganjar mengunjungi pedagang Pasar Wage Purwokerto yang terbakar pada September 2020 lalu.

Sebanyak 130 pedagang Pasar Wage yang menjadi korban musibah kebakaran beberapa waktu lalu, mendapat bantuan. Bantuan sebesar Rp 15 juta pada masing-masing pedagang, diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar menyampaikan, bantuan diberikan karena banyak pedagang yang mengalami kerugian cukup besar akibat kebakaran tersebut.

Baca Juga :  Gelombang Penularan Covid-19 di Kabupaten Magelang Semakin Terasa Menggema, Grabag Jadi Wilayah dengan Penambahan Pasien Covid-19 Baru Tertinggi

”Tadi Bupati sudah memberitahu ke kita, katanya kita mesti gotong royong, karena anggaran terbatas. Semoga dengan bantuan ini, pedagang bisa berdagang lagi,” katanya.

Selain memberi bantuan pada pedagang, Ganjar juga menyatakan, Pemprov Jateng  bersama Pemkab Banyumas akan memperbaiki bagian Pasar Wage yang terbakar.

”Kita terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Banyumas untuk memperbaiki pasar yang terbakar. Usulannya, untuk perbaikan butuh Rp 15 miliar. Kalau hitungan kami dari Provinsi, sekitar Rp 10 miliar cukup,” jelasnya.

“Pak Bupati kemarin ngabari kita, berkirim surat agar kawan-kawan yang jadi korban kebakaran dibantu. Hari ini kita coba berikan bantuan kepada pedagang dan insyaalah nanti akan kami bantu lagi,” kata dia.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang Tambah 168 Pasien, Jumlah Pasien Sembuh 72 Pasien

Ganjar mengatakan, Bupati Banyumas sudah berkoordinasi tentang pembangunan Pasar Wage itu. Dengan anggaran yang terbatas, maka gotong royong harus dilakukan.

“Kita siapkan pembangunannya, kemarin usulannya dari sini Rp15 miliar. Ya nanti kita pertimbangkan. Kemarin sudah ada hitung-hitungannya dari Pemprov Jateng, mungkin Rp10 miliar sudah cukup untuk renovasi,” jelasnya.

Ganjar mengatakan segera memberikan bantuan renovasi pasar tersebut. Aggaran kemungkinan akan diambilkan pada tahun anggaran 2022 nanti.

Baca Juga :  Jawab Polemik, Pemkab Magelang Tak Pernah Terbitkan Izin Pertambangan, Sekda Adi Waryanto : Itu kan Kewenangan Pemerintah Pusat  

“Segera kita berikan, supaya pedagang bisa segera kembali berjualan. Mungkin pakai anggaran tahun 2022,” pungkasnya.

Sekedar diketahui,musibah kebakaran Pasar Wage, terjadi pada September 2020 lalu.

Dalam musibah itu, bangunan pasar Blok B Pasar berikut seluruh barang dagangan para pedagang, ludes terbakar.

Kepala UPTD Pasar Wage Purwokerto, Arif Budiman, menambahkan dalam program bantuan yang diberikan, ada sekitar 130 pedagang yang mendapat bantuan.

”Saat ini, bantuan baru diserahkan secara simbolis. Tapi dalam dekat, anggarannya akan cair,” terang dia.RIS