GROBOGAN.NEWS Umum

Perstiwa Kematian Ayah Kandung Dijadikan Konten Youtube, Ria Ricis Hadapi Banyak Hujatan

Ayah dari Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi, Sulyanto Bin Sastromartoyo telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (4/6/2021) malam / Instagram via tempo.co

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Demi sebuah konten, biasanya seorang seorang youtuber tak segan-segan melakukan aksi yang terkadang menabrak akal sehat maupun bertentangan dengan hati nurani.

Menjadi trending topic di media sosial adalah sasarannya, dan pendapatan finansial adalah target akhirnya.

Entah dengan alasan di atas atau alasan lain, youtuber kondang, Ria Ricis menjadikan kematian ayah kandungnya sebagai konten di channel youtube-nya.

Dapat ditebak, akibat aksinya  tersebut, nama Ricis menjadi trending topic di Twitter pada Senin (7/6/2021) pagi.

Hingga saat ini, total ada tujuh video yang diunggah di kanal YouTube Ricis Official sejak Jumat, 4 Juni 2021 berkaitan dengan meninggalnya sang ayah.

Salah satu di antaranya, video yang berjudul Rumah Baru Papa menjadi trending nomor 3 di YouTube setelah sebelumnya berada di peringkat kedua.

Baca Juga :  Pemkab Sragen Tambah Kapasitas Technopark untuk Akomodir Ledakan Kasus Covid-19

Jumlah penonton ketujuh video tersebut juga bervariasi, tetinggi ada di angka 4,6 juta kali.

Sejumlah netizen kecewa dengan aksi Ria Ricis yang menjadikan kepergian sang ayah sebagai konten.

Salah satu netizen tersebut adalah akun @mazzini_gsp. Cuitannya mengenai Ria Ricis ini telah disukai lebih dari 17 ribu akun dan 4,8 ribu retweet.

“Mendulang traffic dan adsense dari kematian ayah kandung adalah sehina-hinanya konten,” tulisnya di Twitter pada Minggu, 6 Juni 2021.

Terlihat dari konten yang diunggah adik kandung Oki Setiana Dewi ini, banyak iklan di sepanjang video.

Ini sangat disayangkan karena dinilai tidak etis dilakukan oleh keluarga yang sedang berduka.

“Menurut gue enggak etis aja sih bikin konten ginian saat beneran baru ditinggal wafat. Tapi enggak paham juga kalau ini udah kesepakatan keluarga besar yang bersangkutan,” tulisnya.

Baca Juga :  Pemkab Sragen Tambah Kapasitas Technopark untuk Akomodir Ledakan Kasus Covid-19

Youtuber, Ria Ricis berfoto di makam ayahnya Sulyanto bin Sastromartoyo yang meninggal pada Jumat pagi, 4 Juni 2021.

Ria Ricis sendiri tengah berada di Flores saat ayahnya meninggal dan susah dihubungi karena susah sinyal. Instagram/@riaricis1795

Tidak tahu pasti ide konten tersebut berasal dari Ria Ricis atau tim YouTubenya. Jika itu berasal dari tim YouTubenya, Ria Ricis seharusnya berhak untuk tidak menyetujuinya.

“Misal gue jadi Ricis, ayah meninggal daripada suruh tim bikin konten untuk YouTube mending ajakin tim yang ramai itu yasinan daripada lemburan,” tulisnya.

Penonton di YouTube meminta Ria Ricis untuk tidak lagi menjadikan duka keluarga ini sebagai konten terus-menerus. Mereka merasa terganggu dengan iklan yang banyak di sepanjang video.

Baca Juga :  Pemkab Sragen Tambah Kapasitas Technopark untuk Akomodir Ledakan Kasus Covid-19

“Turut berduka cita, tapi enggak gitu juga dong, apa-apa konten, kasian papi, sedih deh melihatnya,” tulis Monir Moezteriuzt.

“Tadinya sih pengen ikut sedih, sayangnya waktu gue nonton tiba-tiba muncul iklan snack video, yaudah sedihnya enggak jadi,” tulis Fanry Sihotang.

“Nonton karena ada di trending dan kecewa dengan kontennya. Garis kuningnya banyak banget,” tulis HMP.

Sebagai informasi, ayah Ria Ricis, Sulyanto bin Sastromartoyo meninggal dalam usia 58 tahun pada Jumat pagi, 4 Juni 2021.

Menurut Oki Setiana Dewi, almarhum ayahnya memiliki penyakit jantung dan tekanan darah tinggi yang diduga menjadi penyebab kematian. Sehari-hari, ayah dan ibunnya tinggal bersama Ria Ricis.

tempo logo