GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Mensos Risma Takjub dengan Hasil Kreasi Para Anak Didik BRSAMPK Antasena, Penasaran! Inilah Ulasannya

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena Magelang. Ist

MAGELANG, GROBOGAN.NEWS-Sentra Kreasi Atensi di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena Magelang secara resmi telah diresmikan oleh Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini pada, Sabtu (5/6/2021) kemarin. .

Sebelum meresmikan Sentra Kreasi Atensi, Risma mengaku takjub dengan kreasi para anak didik di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena Magelang

“Luar biasa sekali anak-anak ini, coba apa yang bisa kamu tawarkan sama saya? Menu favorit apa di sini?,” tanya Risma kepada anak didik BRSAMPK Antasena yang sedang bekerja di cafe & resto Antasena yang didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, Kepala Balai Antasena Magelang Faisal, Bupati Magelang Zaenal Arifin, Anggota Komisi VIII DPR RI, serta tokoh masyarakat juga meninjau ruang vocational diantaranya cafe & resto Antasena, automotif, handycraft, dan home industri.

Pada kesempatan yang sama, Risma tampak sering mengajak berbincang dan memberikan nasehat kepada para anak didik di Antasena. Risma berharap, suatu hari kelak anak-anak didik di Antasena bisa berwirausaha selepas keluar dari balai rehabilitasi tersebut.

“Jangan sampai jatuh lagi, kalian ini saya lihat memiliki potensi-potensi yang besar. Saya ingin kalian sukses nantinya,” tutur Risma.

Saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi Antasena, Risma mengatakan Kementerian Sosial RI berkomitmen akan memberikan layanan multifungsi terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di 41 balai di seluruh Indonesia.

“Dengan 41 balai multifungsi di seluruh Indonesia menjadikan PPKS tidak perlu jauh mendapatkan layanan,” ujarnya.

“Nanti kami akan bagikan 490 kursi roda elektrik dan biasa bagi para penyandang disabilitas, serta tongkat dengan sensor suara agar mereka bisa mandiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Magelang, Zaenal Arifin dalam sambutannya mengatakan, Sentra Kreasi Atensi Antasena Magelang merupakan pusat pengembangan kewirausahaan dan vokasional sebagai media promosi hasil karya penerima manfaat yang berada di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Antasena Magelang.

Menurutnya, kewirausahaan saat ini menjadi hal yang penting untuk ditumbuhkembangkan, utamanya bagi para pemuda di tengah kompetisi dunia usaha.

Pentingnya kewirausahaan sebagai suatu praktek, sudah mendapat perhatian serius dari pemerintah untuk menumbuhkan para wirausaha baru.

Selanjutnya, upaya menanggulangi permasalahan remaja di desa yang tidak dapat melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi harus disertai dengan adanya peran lembaga pendidikan, yaitu dengan memberikan keterampilan vokasional yang merupakan bagian dari konsep keterampilan hidup (life skill) dalam sistem persekolahan.

“Oleh karena itu, kami menyambut gembira dengan adanya Sentra Kreasi Atensi Antasena ini, dimana keberadaannya sangat membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Magelang,” kata Bupati Zaenal Arifin.F. Lusi